Peranan Varietas dalam Efisiensi Penyerapan Kalium

0
259

Jagung hibrida mempunyai hasil yang tinggi apabila input yang digunakan optimal. Tanaman membutuhkan pemupukan Kalium, Nitrogen, dan Fosfor untuk mendekati mendekati potensi hasilnya. Unsur Kalium dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman jagung yang sehat. Kandungan Kalium dalam berat kering tanaman jagung mencapai 10%. Kalium diserap oleh tanaman jagung dalam jumlah besar karena unsur K sangat mobile dalam jaringan tanaman dan berperan dalam sintesis protein dan degradasi gula.

Respon tanaman jagung hibrida terhadap tingkat penggunaan unsur K berbeda-beda pada setiap varietas. Demikian halnya, resistensi tanaman jagung terhadap hcekaman lingkungan dapat ditingkatkan dengan pemberian unsur  Kalium. Hasil penelitian Balai Penelitian Tanaman Serealia menunjukkan kandungan K yang dapat dipertukarkan  (Kdd) tergolong rendah yaitu 0,26%. Hal ini menunjukkan bahwa jagung varietas Nasa 29 sangat efisien dalam memanfaatkan unsur Kalium.

Pemberian pupuk dengan dosis 60 kg K2O/ha memberikan hasil sebesar 11,33 t/ha dengan efisiensi 188,33 kg biji/1 kg K2O yang diapikasikan. Adapun varietas Bima 4 memberikan efisiensi 154,33 kg biji/1 kg K2O.Melalui pemberian unsur Kalium yang tepat, produksi tanaman jagung dapat ditingkatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here