Kegiatan temu lapang dan panen raya jagung dilaksanakan pada hari Rabu (26/9/2018) dilaksanakan Temu lapang dan Panen Jagung di Lahan Suboptimal di Desa Muara Bungkal, Kec. Sungai Mandau yang dihadiri oleh Kepala BPTP Riau, Dr. Ir. Nana Sutrisna, MP, Tim Upsus Pusat untuk Prov. Riau, Dr. Yudi Sastro, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kab. Siak, Suwandi, SP, Koordinator Penyuluh Sungai Mandau, Perwakilan Camat Sungai Mandau, Kepala Desa Muara Bungkal, PPL, Peneliti, dan Petani.

Lahan yang sudah bertahun-tahun terlantar akibat keracunan besi, miskin bahan organik, dan kekeringan berhasil dijadikan produktif. Menurut penanggungjawab kegiatan Dr. Parlin H. Sinaga, SP, MP kesuksesan budidaya jagung pada MT 1 ini didukung oleh aplikasi ameliorasi, pupuk kandang, mikro dekomposer, pupuk hayati, Urea, TSP, KCl, dan varietas unggul jagung seperti Nasa 29, Sukmaraga, Bima 19 Uri, Bisma dan Bisi 2. Nasa 29 memberikan hasil yang memuaskan yaitu 7 t/ha meskipun selama musim tanam tanaman tercekam genangan air 5 hari sejak tanam dan selanjutnya kekeringan akibat kemarau.

Selanjutnya dalam sambutannya Kepala BPTP Riau mengapresiasi kegiatan ini karena sebelumnya petani belum pernah berhasil dalam menanam jagung, apa yang dikembangkan saat ini merupakan program strategis kementan karena pemerintah menginginkan kita swasembada padi jagung dan kedelai. Hanya kontribusi riau untuk nasional sangat rendah. Ka Balai juga menyampaikan dari varietas yang ditanam varietas apa yang cocok bagi lahan masing-masing petani agar bisa ditanam dengan mengikuti teknologi yang diterapkan oleh BPTP Riau.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *