Di pertengahan April 2021 (22/04/2021) Badan Litbang Pertanian bersama dengan Pemprov Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Tanam Perdana.

Kegiatan yang dilaksanakan di dua kabupaten, Minahasa dan Tomohon dihadiri oleh beberapa tamu penting diantaranya Perwakilan Bupati Minahasa, Perwakilan Walikota Tomohon, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara, Kepala BPTP Sulawesi Utara, Perwakilan Koramil, Perwakilan Kapolsek, Camat Kakas Barat, Hukum Tua, Ketua kelompok tani, Petani dan Para Penyuluh pertanian.

IMG-20210423-WA0021IMG-20210423-WA0027

Antusiasme ditunjukkan oleh Pemprov Sulawesi Utara yang bersedia mempersiapkan dengan baik area lahan untuk dijadikan lokasi penanaman jagung hibrida. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil FGD yang diselenggarakan oleh Irjen Kemtan terkait dalam rangka mewujudkan produksi jagung kelas premium di Indonesia.

Dipilihnya Sulawesi Utara menjadi lokasi pertanaman guna mewakili pertanaman jagung pada elevasi menengah dan tinggi. Berbagai macam varietas jagung produksi Kementerian Pertanian beserta hasil produksi dari berbagai mitra lisensi jagung hibrida Kemtan akan ditanam untuk melihat hasil produktivitasnya.

Bukan hanya evaluasi varietas, tetapi juga akan dilakukan kegiatan produksi benih serta diseminasi teknologi. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknologi (Bimtek) yang dilakukan Balitsereal dengan mengundang berbagai ahli di bidangnya. Bimbingan ini diharapkan mampu menghasilkan petani-petani yang terampil dan kualitas SDM yang meningkat serta diharapkan lokasi ini menjadi tempat pembelajaran.

Pada kegiatan ini turut dilakukan penyerahan benih jagung secara simbolis oleh Balitsereal yang mewakili Balitbangtan kepada perwakilan daerah untuk diserahkan langsung kepada petani. Dalam hal ini Balitsereal berkontribusi dalam mendukung kemajuan pertanian Indonesia menjadi pertanian yang MAJU, MANDIRI, MODERN!

20210424_090216IMG-20210423-WA0022IMG-20210423-WA0023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *