Sulteng Bangkit dengan optimalisasi Lahan pertanian

0
55

Setelah gempa mengguncang Palu khususnya di kabupaten Sigi yang disertai dengan likuifaksi pada September 2018, memberikan dampak yang luar biasa pada sektor pertanian, karena terjadi perubahan struktur lahan dan rusaknya jaringan irigasi.

Upaya bangkit dengan semangat jiwa pertanian, BPTP Sulteng melaksanakan kegiatan Dukungan Inovasi Pertanian untuk Peningkatan IP Pajale Lahan Kering Sawah Tadah Hujan di Desa Karawana, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi yang mendapat bantuan dari seluruh instansi terkait, termasuk Balitsereal sebagai penyedia benih jagung Nasa 29, Sukmara dan Lamuru yang dapat berproduksi tinggi di lahan kering serta ditumpangsarikan dengan padi Inpago 8 dan Inpago 9.

Kamis, 15 Agustus 2019 menyambut hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan Panen Raya dan Temu Lapang sebagai optimalisasi lahan terdampak gempa melalui tumpang sari ( TURIMAN ) yang dihadiri oleh Kapuslitbangtan Bapak Dr. Haris Syahbuddin, DEA, Wakil Bupati Sigi, Ibu Paulina, SE, MSi, Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian, Ditjen Perbenihan, BPS, BPN, Kepala Balitsereal Dr. Muhammad Azrai dan Kepala BPTP, Dr. A. Baso Lempengan. Ibu Bupati dalam sambutannya sangat menyambut baik kegiatan inovasi Turiman ini dengan mengajak seluruh penyuluh untuk mengaktifkan kelompok taninya mengikuti inovasi Balitbangtan, sehingga dengan menanam jagung dan padi hasilnya sangat menguntungkan.

Sementara Kapuslitbangtan dalam sambutannya yang didahului dengan seruan yel-yel ….

“Pertanian Hebat”……..

“Sulteng Bangkit”……..

mengatakan bahwa bencana adalah proses ujian naik kelas, kita tidak boleh menyerah, tidak boleh berhenti dengan 1 x tanam dan akan mengupayakan kawasan panen raya saat ini untuk dapat jadi satu kawasan SAPIRA yaitu Kawasan Pertanian Sejahtera.

Panen Raya yang dilakukan dilanjutkan dengan Temu Lapang yang dipimpin oleh Kepala BPTP Sulteng Bapak Dr. Andi Baso. Akhir acara diserahkan sertifikat hak pakai lahan seluas 2600 m2 oleh BPN Provinsi Sulawesi Tengah untuk pembangunan gedung kantor BPTP.

WhatsApp Image 2019-08-15 at 10.03.15 AMWhatsApp Image 2019-08-15 at 12.08.55 PMWhatsApp Image 2019-08-15 at 10.11.03 AM

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here