Penampilan Varietas Bima 16 di Minahasa, Sulut

0
77

Bima 16 merpakan salah satu varietas unggul jagung nasional yang masuk dalam program benih berbantuan pemerintah tahun 2018. Jagung ini mempunyai deskripsi umur tanaman 50% keluar pollen ±54 hari setelah tanam, 50% keluar rambut ±56 hari setelah tanam. Masak fisiologis ±99 hari setelah tanam. Tinggi tanaman ±220 cm. Potensi hasil 12,4 ton/ha pipilan kering pada kadar air 15%.. Ketahanan terhadap hama dan penyakit: Tahan penyakit bulai (Peronosclerospora maydis L), toleran penyakit karat daun (Puccinia Sorgi) dan penyakit bercak daun (Helminthosporium maydis).

Kabupaten Minahasa, Sulut merupakan salah satu kabupaten yang menerima benih jagung bantuan pemerintah. Salah satu varietas yang masuk program bantuan adalah Bima 16. Hasil verifikasi lapangan di Kelompok Tani …menunjukkan Bima 16 beradaptasi baik pada wilayah ketinggian menengah (750 m di atas permukaan laut). Bima 16 mampu menghasilkan > 8 t/ha pipilan kering. Bima 16 juga mampu menunjukkan ketahanan terhadap busuk tongkol diplodia yang merupakan salah satu penyakit utama jagung di wilayah ketinggian seperti di Brastagi Sumatera Utara.

Semoga varietas unggul jagung nasional bisa berkontribusi meningkatkan hasil jagung di Kabupaten Minahasa dan Provinsi Sulawesi Utara pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here