Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan inovasi pelayanan guna peningkatan kualitas pelayanan publik.

Oleh sebab itu, pada saat ini semua unit kerja diarahkan untuk dapat meraih ZI sesuai Permenpan 52 Tahun 2014 tentang Zona Integritas menuju WBK/WBMM. Untuk dapat meraih WBK WBBM, suatu unit kerja harus berpredikat WBK terlebih dahulu.

Dalam rangka mewujudkan WBK/WBBM khususnya di Balai Penelitian Tanaman Serealia,  pada hari Jumat (27/4 2018) dilakukan sosialisasi Maturitas SPI dan Zona Integritas di Bumi Tapos Convention Resort and Resto yang diikuti oleh seluruh ASN Balitsereal. Dalam pembukaannya Kepala Balitsereal Dr Muhammad Azrai menyampaikan bahwa Penyusunan Register Risiko Kegiatan Satker merupakan keharusan dan keterlibatkan pegawai ASN secara aktif sangat dibutuhkan.

Dalam pemaparannya, Dr. Sumarni Panikkai menyampaikan bahwa pelaksanaan SPI ini sangat bergantung pada satker, dan Kepala satker menugaskan Tim Satlak PI untuk melakukan pengawasan intern satker. Oleh karenanya Tim Satlak PI harus bisa menjadi ’motor’ bagi pegawai lain di masing-masing satkernya dalam hal pengawasan intern. Harapannya, dengan dilaksanakannya Pengendalian Intern maka tingkat kepatuhan , ketertiban serta kelengkapan administrasi satker menjadi lebih baik. Dan muara dari semua itu adalah terciptanya wilayah yang bebas dari korupsi dan juga wilayah birokrasi yang bersih serta melayani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *