Sosialisasi Repositori Ilmiah Nasional (RIN)

0
125

Dipenghujung Bulan April yang cerah, diadakan Sosialisasi Repositori Ilmiah Nasional (RIN) oleh Tim PUI Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah yang dipaparkan langsung oleh Plt. Kepala Pusat LIPI Hendro Subagyo, M.Eng. Dalam rangka inisiasi Sinergi/kerjasama dengan PUI SEREALIA, Balai Penelitian Tanaman Serealia mencakup Repositori data-data primer hasil penelitian dan publikasi ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan peraturan lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Nomor 1 Tahun 2019 Mengenai Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selain Peneliti dan Pustakawan Lingkup Balitsereal, turut hadir perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Maros.

Dalam Pemaparannya, Hendro menjelaskan beragam manfaat Repositori ilmiah nasional (RIN) bagi pengguna, diantaranya : Efisensi (mempermudah temu kembali data; Safety (melindungi data berharga); Quality (menjaga kualitas data); Reputation (meningkatkan viabilitas penelitian dan reputasi individu dan institusi); Compliance (kepatuhan terhadap kode etik, kebijakan pemberi dana).

LIPI fokus pada pengelolaan data penelitian dimana fase/tahapan yang dilalui terdiri dari deposit data, open data dan sharing data. Data yg dimiliki peneliti harus bersifat Findable, Accessible, Interoperable dan Reusable (300419,NER).

  • IMG-20190430-WA0037IMG-20190430-WA0035

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here