Benturan kepentingan merupakan satu kondisi dimana pertimbangan pribadi mempengaruhi dan / atau dapat menghilangkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas. Atas dasar hal itu lah, Balai Penelitian Tanaman Serealia menggelar Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan Di Lingkungan Kementerian Pertanianpada hari Kamis (22/3/2018) dengan narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian.

Benturan kepentingan merupakan situasi dimana penyelenggara negara memiliki atau patut diduga memiliki kepentingan pribadi terhadap setiap penggunaan wewenang sehingga dapat mempengaruhi kualitas keputusan dan/atau tindakan serta dapat mengabaikan profesionalitas seorang pejabat dalam mengemban tugas. Benturan kepentingan disebabkan antara lain karena : hubungan afiliasi, gratifikasi, kelemahan sistem organisasi, kepentingan pribadi, penyalahgunaan wewenang dan perangkapan jabatan.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi permentan bertujuan untuk memberikan keseragaman pemahaman dan tindakan bagi perangkat daerah maupun pejabat/pegawai di lingkungan Balai Penelitian Tanaman Serealia dalam melaksanakan penanganan benturan kepentingan; dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi perangkat daerah maupun pejabat/pegawai di lingkungan Balai Penelitian Tanaman Serealia.  Melalui sosialisasi diharapkan dapat menciptakan budaya pelayanan publik yang dapat mengenal, mencegah, dan mengatasi situasi-situasi benturan kepentingan secara transparan dan efisien tanpa mengurangi kinerja pejabat yang bersangkutan. Untuk itu diperlukan suasana budaya kerja yang dapat mengenali, mencegah, dan mengatasi situasi-situasi benturan kepentingan secara transparan dan efisien tanpa mengurangi kinerja pejabat/pegawai yang bersangkutan; Menegakkan integritas; Mencegah terjadinya pengabaian ter-hadap kendali mutu atas pelaksanaan tugas dan fungsi serta mencegah timbulnya kerugian negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *