Kegiatan mandiri benih jagung di provinsi Jambi  yang dilaksanakan oleh BPTP Jambi telah berjalan sejak tahun 2016 lalu dengan memproduksi varietas Bima-20 URI.  Hasil yang diperoleh penampilan tanaman cukup baik dengan tingkat produktivitas 2 t/ha.  Hasil benih kemudian diserap oleh PT.Pertani untuk disalurkan melalui benih berbantuan di provinsi Jambi.

Dukungan Balitsereal terhadap kegiatan mandiri benih di Provinsi Jambi meliputi pelatihan penanggung jawabnya untuk memproduksi parent seed, menempatkan demonstrasi plot untuk perkenalan varietas Nasa-29 yang baru di lepas, melakukan uji multi lokasi beberapa galur potensial, dan melakukan display varietas untuk Varietas Unggul Baru diantaranya Bima-20 URI.

Kegiatan mandiri benih tahun 2018 menghasilkan benih sebanyak 2,5 ton, namun terkendala factor pemasaran benih karena PT. Pertani yang sebelumnya menyerap hasil tidak melakukan kontrak kerjasama sebelum penanaman.  Benih yang diproduksi didaftarkan di BPSB atas nama kelompok sehingga pihak PT. Pertani tidak berani menyerapnya wlaaupun kualitas benihnya tergolong berkualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *