Dalam upaya menyebarluaskan hasil penelitian, Balai Penelitian Tanaman Serealia menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian TA 2018 dan ROPP TA 2019 pada tanggal 4-7 Desember 2018 di Bira Bulukumba. Penyelenggaran seminar juga diharapkan dapat menghimpun tanggapan serta umpan balik atas teknologi hasil-hasil penelitian tanaman serealia terbaru yang dihasilkan pada tahun 2018.

Seminar dibuka oleh Kepala Balitsereal Dr Muhammad Azrai. Dalam sambutan pembukaan, Kepala Balitsereal menyampaikan kewajiban peneliti untuk melaksanakan penelitian dan mengkomunikasikan dengan stakeholder terkait, termasuk komunikasi hasil penelitian di tingkat balai. Selain itu peneliti harus senantiasa memperhatikan capaian IKU yang telah dibuat dalam perjanjian kinerja. IKU Balitsereal pada tahun 2018 adalah 3 varietas dan 2 teknologi.

Kegiatan seminar hasil mencakup 10 RPTP/RDHP sebagai berikut: 1. Perakitan varietas unggul jagung untuk lahan optimal mendukung ketahanan pangan nasional, 2. Perakitan varietas jagung adaptif lahan sub optimal mendukung swasembada pangan berkelanjutan, 3. Eksplorasim koleksi, rejuvinasi, karakterisasi, dan evaluasi sumberdaya genetik tanaman serealia, 4. Karakteristik genotype jagung, sorgum, dan gandum berbasis marka molekuler, 5. Perakitan varietas gandum tropis dan sorgum lahan sub optimal mendukung pertanian bioindustri berkelanjutan,6. Perbaikan teknologi produksi dan penanganan hasil sorgum dan gandum mendukung diversifikasi pangan dan bioindustri, 7. Perbaikan teknologi produksi jagung, 8. Pengembangan system produksi dan distribusi benih dan serealia lainnya dengan penerapan manajemen mutu, 9. Diseminasi inovasi teknologi serealia, 10. Sekolah lapang kedaulatan pangan mendukung swasembada pangan terintegrasi desa mandiri benih.

Peserta yang hadir dalam seminar ini sebanyak 60 orang, terdiri dari peneliti dan teknisi Balitsereal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *