IMG_2472Memenuhi undangan Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) dalam rangka tindak lanjut dari rencana kerjasama pengembangan hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yyang akan dilakukan antara Balitbangtan dengan PT. perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), pada tanggal 18 september 2017 yg bertempat di Graha PPI Jakarta, Balitsereal diwakili oleh Dr.Roy Efendi berkesempatan untuk memaparkan/mempromosikan berbagai varietas jagung unggul baru hasil penelitian pemulia Balitsereal. Sementara Balai Besar Mekanisasi Pertanian (BB Mektan) diwakili oleh Dr.Harsono.
Pada Pertemuan ini Dr.Roy Efendi memaparkan varietas jagung hibrida silang tunggal unggul dengan potensi hasil 12.6 – 13.5 t/ha seperti JH 27, JH 234 yang memiliki adaptasi  luas di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi.
JH 45 sesuai untuk dataran rendah dan tahan rebah. JH 47 toleran cekaman kekeringan dan nitrogen rendah, JH 35 dan JH 37 yang sangat toleran hawar dan karat daun serta agak toleran kekeringan. JH 36 dan HJ 21 dengan umur genjah 83-89 hst. Calon varietas NASA 29 dengan potensi hasil tinggi 13.5 t/ha dan memiliki adaptasi luas di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dan berpotensi menghasilkan tongkol 2.
Serta jagung konsumsi,
Pulut uri 4 dengan amilopektin (rasa ketan) =96,43%.
Tindak lanjut dari promosi ini akan diadakan pertemuan antara Balitsereal dengan PT. PPI yang akan dikomunikasikan selanjutnya dengan melihat peluang dan potensi yang besar dalam pengembangan serealia khususnya jagung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *