Plasma Nutfah

PLASMA NUTFAH SEREALIA
Plasma nutfah sebagai sumber genetik pembentuk varietas unggul dapat berasal dari varietas lokal, landraces, galur introduksi yang disimpan dalam berbagai koleksi. Koleksi dalam jumlah kecil adalah base collection yang secara genetic hampir sama dengan contoh asalnya, disimpan dal am jangka waktu panjang dan tidak dapat diberikan pihak lain. Sedangkan active collection adalah aksesi yang dipergunakan, diperbanyak dan disebarkan dalam program pemuliaan (Visser and Engels. 2003). Plasma nutfah lokal semakin tergeser akibat penggunaan varietas hibrida secara luas, sehingga diperlukan usaha eksplorasi yaitu kegiatan mencari, mengumpulkan dan meneliti untuk mengamankan dari kepunahannya (Zuraida dan Sumarno. 2003; Maharani. 2004). Selain itu, penyediaan informasi terkait aksesi plasma nutfah sangat penting untuk memudahkan pengguna mengetahui informasi-informasi terkait aksesi tertentu.
Informasi karakteristik aksesi-aksesi yang disimpan dalam bank gen harus dapat diakses dengan cepat dan mudah, terutama oleh pemulia tanaman. Oleh karena itu perlu dikembangkan database plasma nutfah. Data hasil koleksi-eksplorasi, karakterisasi sifat morfologi, agronomi, mutu gizi,dan hasil evaluasi plasma nutfah terhadap cekaman biotik dan abiotik perlu disimpan dalam database untuk mempermudah pengelolaan plasma nutfah.
Sistem database plasma nutfah minimal memiliki data paspor aksesi, di antaranya meliputi: nomor aksesi,nama institusi/individu, nomor aksesi dari donor, nomor lain yang berkaitan dengan aksesi, nama varietas. Sementara data karakterisasi aksesi disesuaikan dengan karakter-karakter agronomis setiap tanaman. Informasi database plasma nutfah Serealia tersimpan dalam suatu program system Informasi Plasma Nutfah Pertanian v1.5. adapun report dari program tersebut dapat didownload pada tabel dibawah ini.

Database Plasma Nutfah Serealia

No Plasma Nutfah Download
1 Karakterisasi setiap aksesi jagung Download
2 Karakterisasi setiap aksesi Sorgum Download
3 Paspor Jagung Download
4 Paspor Sorgum Download
5 Paspor Gandum Download