Perkuat Riset Komoditas Serealia, Balitsereal Jalin Kerjasama dengan Universitas Dwijendra Bali

0
68

Integrasi kegiatan riset merupakan target utama pemerintah yang dituangkan dalam rencana strategis nasional pembangunan pertanian periode 2019-2024.

Integrasi kegiatan riset tidak hanya terbatas pada kerjasama antar lembaga penelitian namun juga Lembaga litbang dengan universitas. Sebagai tindaklanjut fokus riset nasioonal kedepan, Balai Penelitian Tanaman Serealia, Balitbangtan merintis kerjasama dengan Universitas Dwijendra Bali.

IMG-20200303-WA0024Selasa (3/3/2020), bertempat di Kantor Rektorat Universitas Dwijendra, dilaksanakan penandatangan MoU kerjasama penelitian dan pengembangan komoditas serealia. Universitas Dwijendra di hadiri oleh Rektor Dr Ir Gede Sedana sedangkan dari Balitsereal dihadiri oleh Kepala Balai, Dr Muhammad Azrai. Dalam sambutannya, Kepala Balitsereal menyampaikan visi misi serta prioritas kegiatan litbang komoditas serealia sebagaimana tertuang dalam agenda Prioritas RIset Nasional (PRN). Balitsereal sebagai UPT Balitbangtan terus mendorong kegiatan hilirisasi hasil penelitian termasuk dengan perguruan tinggi. Selain itu juga di rintis kegiatan publikasi hasil penelitian di tingkat global bekerjasama dengan Lembaga penerbitan bereputasi diantaranya IOP British.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Dwijendra menyampaikan apresiasi atas terjalinnya kerjasama dengan UPT lingkup Balitbangtan (Balitsereal dan Balitkabi). Pengembangan komoditas serealia dengan mengusung konsep agrowisata merupakan target kerjasama. Komoditas serealia seperti jagung eksotis (jagung pelangi, jagung ungu, jagung manis , jagung pulut) komoditas sorgum serta produk olahan erealia yang bisa dijadikan ikon produk pangan milenia akan segera ditindaklanjuti melalui demplot bersama dalam rangka pengenalan hasil penelitian diantara kedua belah pihak. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan lebih mempererat hubungan antara perguruan tinggi dengan balai penelitian dalam upaya pengembangan penelitian sekaligus untuk pemanfaatan hasil-hasil penelitian. Ke depan mahasiswa dapat belajar melalui kegiatan magang maupun penelitian bekerjasama dengan UPT Balitbangtan.

IMG-20200303-WA0019IMG-20200303-WA0017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here