Penasaran Akan Bioteknologi, MAN I Mks Kunjungi Balitsereal

0
107

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya hayati (tanaman, bakteri, cendawan, virus dan lainnya) pada level selular dan biomolekuler dalam proses produksi untuk meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan manusia. Secara umum Bioteknologi berarti meningkatkan penampilan suatu organisme melalui aplikasi teknologi berbasis biologi.

Metode perakitan tanaman dengan Bioteknologi umumnya digunakan untuk penambahan sifat baru dengan menyisipkan gen spesifik melalui metode transformasi genetik. Kemudian menghambat atau menghentikan metabolisme ekspresi dari gen, contohnya gen penunda produksi etilen pada komoditas tomat.

Pemanfaatan bioteknologi untuk tanaman pangan salah satu fokusnya adalah perbaikan nilai nutrisi tanaman dengan biofortifikasi, seperti penambahan nutrisi betakaroten pada jagung, maupun penambahan kandungan antosianin pada jagung ungu. Hal ini menjadi sangat menarik di mata para siswa/i MAN 1 Makassar. Di hadapan 200 siswa/i dan guru pendamping, Sigit Budi Santoso, MSc kembali memaparkan materi mengenai Bioteknologi untuk merakit Produk Rekayasa Genetika (27/01/2020).

IMG-20200127-WA0041Tak hanya itu, peningkatan populasi manusia yang mengakibatkan kebutuhan akan pangan pun meningkat juga menjadi salah satu alasan untuk merapkan bioteknologi dibidang pemuliaan tanaman. Karena diharapkan Bioteknologi dapat menghasilkan peningkatan produktivitas dan ketahanan terhadap hama dan penyakit suatu tanaman dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Setelah mendengar penjelasan materi Bioteknologi, para siswa/i melakukan kunjungan ke laboratorium molekuler dan laboratorium hama penyakit untuk menyaksikan secara langsung penerapan bioteknologi di bidang pemuliaan.

IMG-20200127-WA0044IMG-20200127-WA0039

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here