Untuk menjamin mutu benih jagung yang beredar dimasyarakat, Balitsereal sebagai lembaga penelitian tanaman serealia dibawah naungan Badan Litbang Pertanian, terus melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas mutu benih jagung yang diproduksi, diantaranya dilakukannya kembali “Pelatihan Teknik Pengambilan Sampel bagi Petugas Pengambil Contoh (PPC) Benih Jagung” pada hari Rabu, 9 Januari 2019 di Balitsereal. Kegiatan ini difasilitasi oleh Pusat Unggulan Iptek Serealia dan diikuti oleh kurang lebih 25 petugas pengambil contoh dan pelaksana perbenihan lingkup Balitsereal.

Plh.Ka.Balitsereal dalam arahannya yang diwakili Oleh Ir. Bahtiar, MS menyampaikan bahwa ASN Balitsereal dalam mengemban tugas yang sangat mulia sebagai pelaksana perbenihan harus bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya sesuai fungsi dan SOP yang telah ditetapkan dengan menerapkan manajemen mutu yang baik. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menambah pemahaman, keterampilan peserta petugas PPC tentang teknik dasar pengambilan sampel benih dan pengujian benih jagung guna menghasilkan benih yang bermutu.

Materi yang disajikan dalam pelatihan ini meliputi :
1. Pengujian mutu benih, aspek praktis dan permasalahannya oleh Dr. Ramlah Arief
2. Teknik pengambilan sampel untuk pengujian mutu benih jagung (Prinsip umum, Perlengkapan Prosedur, intensitas, metode pengurangan contoh dan penyegelan) oleh Ir. Mario Mega, MP
3. Mutu genetik benih jagung dan permasalahannya oleh Dr. Ir. Muh. Riadi, MP
4. Praktek pengambilan contoh benih di prosesing dan gudang oleh Ir. Mario Mega, MP
5. Praktek pengujian mutu benih dilaboratorium oleh Dr. Neny Iriani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *