Kementerian Pertanian bersama Pemda Kab Sidrap melakukan panen raya jagung hibrida unggul NASA 29 produktivitas tinggi di Kabupaten Sidrap, Kamis (30/11/2017). Varietas yang digelar pada gelar varietas unggul jagung hibrida tersebut merupakan hasil pengembangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), yang mempunyai produktivitas rata-rata 10 t/ha dan sesuai untuk lahan suboptimal. Selain itu, benihnya dapat diperbanyak sendiri melalui kerjasama lisensi sehingga dapat menjadi solusi permasalahan kelangkaan benih di tingkat petani.

Sekretaris Daerah Kab Sidrap dalam sambutannya menyampaikan produksi jagung Kab Sidrap pada tahun 2016 menurut BPS mencapai 113.160 ton, naik dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir (Tahun 2012) yang mana produksinya hanya 59.000 ton.. Peningkatan produksi ini sebagai dampak dari meningkatnya kebutuhan jagung untuk pakan ternak di Sidrap. Jumlah ternak ayam di sidrap saat ini mencapai 4,5 juta ekor dan merupakan salah satu sentra produksi telur dan ayam pedaging di Provinsi Sulawesi Selatan. Di tingkat kecamatan, sentra utama jagung di Kab Sidrap adalah di, Kec. Rijang Panua, Kec Maddenra dan Kec Mario dan Kecamatan Kulo dimana kegiatan pengembangan jagung dilaksanakan. Total sumbangan produksi jagung dari Kecamatan Kulo mencapai 42.000 ton.

Program pengembangan jagung hibrida NASA 29 di Kecamatan Kulo yang meliputi areal seluas 30 ha yang merupakan kerjasama Badan Litbang Pertanian dan Pemerintah daerah Kab Sidrap merupakan wujud dukungan pemerinntah daerah Kab Sidrap untuk pengembangan jagung. Hasil ubinan yang dilaksakan oleh BPS rabu, 29 Nopember 2017 diperoleh hasil ubinan sebesar 11,06 ton/ha. Hasil ini tentu sangat membanggakan kami karena produktivitas rata-rata di tingkat petani di Sidrap saat ini hanya sebesar 6 t/ha saja.

Kepala Balitsereal dalam sambutanya mengharapkan agar teknologi yang telah diperkenalkan dapat diterapkan pada skala yang lebih luas, disamping perlunya pembinaan penangkar jagung untuk memenuhi kebutuhan benih jagung khususnya di Kabupatn Sidrap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *