Kabupaten Muna merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Tenggara yang memiliki potensi untuk dikembangkan khususnya dibidang pertanian. Secara turun temurun, jagung telah menjadi primadona sebagai makanan utama masyarakat Muna. Jenis jagung yang dikembangkan adalah jagung putih lokal, dimana perbenihannya dikembangkan sendiri oleh masyarakat sekitar secara konvensional.

Seiring perkembangan kebutuhan ternak yang semakin meningkat, pemerintah upayakan pengembangan jagung hibrida dalam skala luas. Petani di Kabupaten Muna tidak hanya menanam jagung lokal yang merupakan makanan utama mereka, tetapi diberikan subsidi benih jagung hibrida untuk peningkatan produksi dan pendapatan masyarakat.

Namun diluar ekspektasi, usaha petani menanam jagung tersebut, tidak berakhir indah sesuai harapan. Beberapa benih bantuan yang notabene telah dikenal dipasaran serta menjanjikan hasil tinggi, hanya menghasilkan maksimal 3 t/ha. Petani merasa dirugikan mengingat tingginya biaya olah tanah yang telah mereka keluarkan.


Berangkat dari hal tersebut, pada Kamis, 19 Mei 2022, DPRD Bersama Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Bappeda melakukan kunjungan ke Balitsereal guna melakukan koordinasi terkait pengembangan jagung di wilayah mereka.

Menyambut hal tersebut, Koordinator Sub. Jasa Penelitian, Rahmi Yuliani Arvan, SP, M.Si membeberkan ragam varietas jagung hibrida yang telah dihasilkan Balitsereal serta keberhasilan beberapa daerah yang sukses mengembangkan benih jagung hibrida hasil inovasi Kementerian Pertanian.

DPRD Muna pun optimis Kabupaten Muna bisa mengikuti jejak keberhasilan pengembangan benih jagung tersebut. Koordinasi kemudian dilakukan terkait kemungkinan kerjasama guna peningkatan pengetahuan petani dalam memproduksi benih jagung hibrida yang pada akhirnya memenuhi kebutuhan benih dan meningkatkan pendapatan petani Kabupaten Muna.

Rahmi pun berharap Kerjasama nantinya dapat terjalin sehingga lebih banyak lagi daerah yang sukses mengembangkan jagung hibrida guna memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.
Diakhir pertemuan, dilakukan penyerahan publikasi serealia serta benih jagung hibrida Kementan untuk dapat diujicoba di wilayah Kabupaten Muna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *