NTT Dorong Pengembangan Jagung Hibrida Nasional

0
26

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong para petani di daerah ini menanam varietas jagung hibrida Nasa-29, karena cocok dengan iklim NTT yang sedikit membutuhkan air.Varietas jagung hibrida Nasa-29 itu dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangtan) melalui UPT Balai Penelitian Tanaman Serealia yang berlokasi di Kab Maros Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan bahwa produksi tanaman jagung petani di terus di dorong untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat baik untuk pangan maupun untuk pakan ternak.  Oleh karena itu petani diharapkan mampu mengoptimalkan lahan pertanian yang ada selama musim kemarau berlangsung untuk usaha tanaman jagung. Lebih lanjurt Gubernur menambahkan varietas jagung hibrida Nasa-29 menjadi salah satu solusi yang strategis dalam pembangunan usaha pertanian di NTT dalam pengembangan usaha tanaman jagung.

Menanggapi permintaan Gubernur untuk memperluas adopsi VUB Balitbangtan di provinsi NTT, Kepala Balitlsereal Dr. Muhammad Azrai menyatakan bahwa Varietas Nasa 29 dirakit untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang menginginkan varietas yang mempunyai daya adaptasi luas. Nasa tidak hanya beradaptasi luas di lahan kering tapi juga lahan sawah serta lahan rawa/masam. Jagung ini juga masuk dalam program bantuan benih pemerintah Tahun 2018.

Diharapkan dengan adanya gelar teknologi ini maka jagung hasil Balitbangtan dapat lebih dikenal oleh petani dan diterapkan dalam usahataninya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here