Kendali mutu adalah salah satu bagian penting dalam kegiatan produksi benih jagung hibrida. Kendali mutu meliputi kualitas genetik tanaman, persilangan, panen , prosesing sampai dengan uji mutu produk benih. Badan Litbang Pertanian terus berkomitmen menjaga mutu benih yang dihasilkan oleh lisensor, ditandai dengan monitoring proses benih lisensor secara berkala.

Memasuki minggu kedua Februari 2019, Balitbangtan melalui UPT Balitsereal melaksanakan kegiatan monitoring kegiatan produksi benih lisensor di Provinsi Jawa Timur. Tim monev terdiri dari pakar/peneliti bidang pemuliaan, agronomis, fitopatologis serta sosial ekonomi. Kegiatan monev yang dipimpin oleh Kepala Balitsereal Dr Muhammad Azrai berlangsung di Malang, Jombang, Kediri, Nganjuk, dan Ponorogo. 

Melalui kegiatan monitoring ini diharapkan dapat memotivasi lisensor untuk menerapkan sistem kendali mutu dalam proses produksi benih mulai dari penyiapan lahan sampai tahap pengemasan dan penyimpanan. Monitoring ini juga membantu dalam mendapatkan umpan balik dari mitra penerima lisensi jagung hibrida Balitbangtan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *