Monitoring Kegiatan Penelitian Semester I Tahun 2019

0
54

Monitoring dan evaluasi adalah salah satu bagian penting dalam kegiatan penelitian dan diseminasi. Monev bertujuan untuk mengamati/mengetahui perkembangan dan kemajuan, identifikasi dan permasalahan serta antisipasinya/upaya pemecahannya. Monev kegiatan penelitian merupakan kegitan rutin yang diselenggarakan oleh Balitsereal sebagaimana tertuang dalam ISO manajemen balai.
Pada pekan kedua April 2019, Balitsereal melaksanakan kegiatan monitoring kegiatan penelitian dan diseminasi di KP Bajeng dan KP Bontobili. Tim monev terdiri dari pakar/peneliti bidang pemuliaan, agronomis, fitopatologis serta sosial ekonomi. Kegiatan monev yang dipimpin oleh Kepala Balitsereal Dr Muhammad Azrai dan diikuti oleh penanggungjawab lapangan.
Melalui kegiatan monitoring ini diharapkan diperoleh umpan balik progress kegiatan penelitian dan diseminasi serta kendala yang di dapatkan di lapangan. Monev mendapatkan sebagian besar kegiatan penelitian telah dilakukan sesuai dengan jadwal palang yang telah dibuat. Namun demikian ditemukan juga adanya lokasi penelitian yang tidak dilengkapi papan penelitian, kebersihan tanaman kurang serta kondisi pertanaman yang terserang penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here