Mengenal Pabrik Pakan Berbahan Baku Jagung di Indonesia

0
17

Komoditas jagung merupakan salah satu komoditas popular yang banyak diusahakan  petani di Indonesia. Pada era 1980-2000 produksi jagung bertumpu pada beberapa provinsi di Pulau Jawa diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DIY dengan kontribusi mencapai 70-75% dari total produksi jagung Indonesia. Namun demikian, survey terbaru BPS Tahun 2016 menunjukkan share wilayah produksi jagung di Pulau Jawa turun menjadi 49% sementara produksi jagung di luar Pulau Jawa naik dari 20-25% menjadi 51%.

Kondisi ini menunjukkan telah terjadi pergeseran lokasi produksi jagung dari Jawa ke luar Jawa. Dengan demikian, patut  disadari masa depan produksi jagung Indonesia ada di luar Jawa, dan  bukan di Jawa lagi. Terutama pada lahan-lahan suboptimal, seperti lahan kering, lahan tadah hujan dan lahan rawa yang selama ini belum  dimanfaatkan secara optimal.

Dalam upaya mendukung aspek pasar, pemerintah dan swasta pun telah mendirikan industry pengolahan pakan ternak sebanyak 93 unit pabrik. Adapun sebarannya di Pulau Jawa sebanyak 67 unit pabrik sedangkan di luar jawa mencapai 27 yang tersebar di provinsi Sumut 11 unit, Sumbar 1 unit, Lampung 5 unit, Kalbar 1 unit, Kalsel 2 unit, dan Sulsel 7 unit. Melalui kerjasama petani dengan pengusaha pakan ternak dapat berkontribusi baik kontinuitas stok serta harga jual produk biji yang menguntungkan petani dan pengusaha pakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here