Mengenal Nutrisi Sorgum, Hanjeli dan Gandum

0
1021

Sorgum sebagai bahan pangan mengandung gizi dasar tidak beda jauh dengan serealia lainnya, terutama dengan proteinnya lebih tinggi dari jagung dan lebih rendah dari gandum dan hanjeli. Kelebihan sorgum adalah mengandung senyawa antioksidan mendukung diversifikasi pangan fungsional (food functional). Selain itu karakter fisikokimia tepung sorgum dapat mensubtitusi tepung terigu hingga 70% sehingga berpotensi menggantikan gandum sebagai bahan olahan. Kelebihan lain tanaman sorgum adalah dapat dijadikan bahan baku industry gula dan bioetanol (sorgum manis). Dewasa ini, telah dihasilkan beberapa varietas sorgum untuk pangan dengan kandungan tanin rendah. Pengembangan budidaya lebih mudah, dapat tumbuh pada lahan sub- optimal.

gizii

 

 

Hanjeli
Sebagai bahan pangan yang masih kurang dikenal masyarakat, walaupun kandungan gizi dasarnya relative lebih tinggi dibanding sorgum. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat.Lemak hanjeli lebih tinggi dari sorgum dan gandum. Pengolahannya dalam penyosohan agak sulit karena biji ukurannya relative lebih kecil dibanding sorgum dan gandum. Tanaman ini menyebar di berbagai ekosistem lahan pertanian yang beragam dari daerah iklim kering, basah, lahan kering maupun lahan basah di Sumatera, Sulawesi,Kalimantan, dan Jawa. Hanjeli dapat dijadikan bahan olahan diantaranya campuran beras, bubur dan oatmeal. Hanjeli merupakan rumpun setahun, rumpunnya banyak, batangnya tegak dan besar, tinggi 1-3 m.

Gandum
Sebagai bahan pangan, mengandung protein yang tinggi dibanding sorgum, hanjeli dan jagung. Kandungan proteinnya memiliki karakter fisikokimia spesifik dengan kandungan gluten yang tidak dimiliki serealia lainnya. Gluten adalah senyawaan gliadin dan glutenin yang menghasilkan sifat elastisitas adonan yang baik, menjadikan pengembangan volume yang prima untuk olahan seperti rerotian dan cake. Pengembangan gandum di Indonesia terkendala pada ketersediaan lahan dengan suhu dingin yang hanya ditemui pada daerah ketinggian. Selain itu persaingan dengan tanaman hortikultura menyebabkan pengembangan gandum masih sulit dilakukan.

POTENSI PENGEMBANGAN
Ditinjau dari aspek kesesuaian lahan, kemudahan dalam budidaya dan pascapanen/pengolahan hasil maka prioritas pengembangan tanaman sorgum lebih tinggi dibandingkan hanjeli dan gandum. Tanaman hanjeli juga mempunyai peluang untuk dikembangkan karena ketersediaan lahan yang luas khususnya lahan kering/sub optimal. Tanaman gandum walaupun mempunyai kelebihan dari segi nutrisi dan fisikokimia namun pengembangannya terkendala ketersediaan lahan dan kompetisi dengan tanaman hortikultura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here