Dalam arahannya disela-sela pelaksanaan Rapat Kerja Badan Litbang Pertanian di Auditorium Prof Ibrahim Manwan Balitsereal, Mentan Syahrul Yasin Limpo yang akrab disapa SYL ini mengharapkan agar Balitbangtan harus menjadi jajaran terdepan untuk meningkatkan kinerja Kementerian Pertanian, dengan waktu yang sedikit, harus lebih cepat, lebih fokus dan lebih berenergi dari yang sebelumnya.

IMG-20191128-WA0063Balitbangtan hadir dengan tujuan agar pertanian lebih baik, mampu menjamin pertanian lebih optimal sehingga dapat membentuk ketahanan pangan yang kokoh, dapat menjadi support system untuk memperkuat ketahanan Negara.

Pertanian sangat rentan dengan cuaca, penyakit, bencana, sehingga diperlukan kehati-hatian dan tidak boleh teledor. Jika ada kerusakan pada infrastruktur masih bisa diatasi namun jika perut rakyat yang bermasalah, kita bisa tahan pakai apa.
Sehingga tugas kita ini sangat luar biasa, dan hari ini kita bersama-sama bertanggung jawab, harus lebih maju dari yang kemarin. Karena tantangan, kemajuan, dan teknologi sudah nyata didepan mata, jelas Mentan Syahrul.

Dihadapan para pejabat eselon serta para peneliti dan penyuluh lingkup Balitbangtan Kementerian Pertanian, Mentan SYL menegaskan 3 poin penting yang harus diterapkan dalam mewujudkan pertanian yang lebih optimal
1) Harus lebih maju. Seluruh jajaran pertanian harus lebih maju baik dari Pusat hingga desa, harus lebih bergerak, lebih bersemangat, lebih mempunyai kemampuan.
2) Harus lebih mandiri, tidak membutuhkan impor
3) Harus lebih modern, menggunakan berbagai teknologi dan kemampuan yang dimiliki.

Pertanian yang maju mandiri dan modern membuktikan adanya produktivitas yang lebih meningkat, peningkatan tidak boleh dibawah 5 %. Ada kemauan, ada semangat, gunakan otak, hati dan gerakan yang ada dalam kemampuan. Mentan Syahrul mengajak seluruh jajarannya untuk turut mendukung dan berperan aktif terhadap program strategis Kementan, Konstra Tani, Agriculture War Room (AWR) dan Pertanian Maju, Mandiri dan modern.

IMG-20191128-WA0060IMG-20191128-WA0052

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *