Setelah menerima bantuan benih jagung hibrida varietas JH 29 sebanyak 2 Ton pada 14 April 2022 lalu, baru-baru ini Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kab. Sinjai, Ir. Kamaruddin, MS melakukan silaturahmi ke Balitsereal. Ketika ditemui saat melakukan kunjungan kerja pada Jumat (12/8) ia mengucapkan terima kasih kepada Balitsereal dan berkeinginan melanjutkan kerja sama pengembangan jagung dengan skala yang lebih luas di wilayah kerjanya.

Sinjai merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Selatan yang cukup lama dan hingga saat ini masih menjalin kerja sama dengan Balitsereal. Kondisi Kabupaten Sinjai secara keseluruhan termasuk kategori kelas kesesuaian S2 Cukup Sesuai (Moderately Suitable) artinya sebagian lahan mempunyai pembatas serta risiko yang dapat mengurangi provitas, maka diperlukan masukan (input produksi) untuk menjaga dan meningkatkan provitas tersebut. Sehingga pada pertemuan dengan Kepala Balitsereal tersebut Kamaruddin berdiskusi mengenai model pengembangan benih jagung hibrida yang tepat serta sistem budidaya spesifik lokasi.

Hal tersebut sangatlah sesuai dengan big plan Pemda Sinjai yang akan membangun silo dan pabrik pakan ternak. Dengan demikian diperlukan bahan baku jagung yang berkuantitas dan berkualitas. Rencana tersebut telah disambut positif oleh petani Sinjai. Pasalnya minat petani untuk menanam jagung semakin meningkat seiring jaminan harga pasar yang dinilai sudah cukup menguntungkan. Semoga niat baik pengembangan jagung yang masif dan terencana di Kabupaten Sinjai, dapat dibarengi dengan provitas yang optimal sehingga petani kian sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *