Kunjungan PT. Medco Agro di Balitsereal

0
58

Rabu, 14 Agustus 2019 dalam rangka silaturrahim dan diskusi potensi pengembangan sorgum, PT. Medco Agro melakukan kunjungan di Balitsereal. Selain itu, dilakukan pembahasan terkait mekanisme kerjasama pengembangan sorgum, diskusi terkait pengadaan benih, budidaya serta pendampingan teknologi sorgum.

Hadir pada pertemuan tersebut, Ibu Lityowati (Presiden Direktur PT. Medco Agro), Surya Imam (Kepala Operasional PT. Medco Agro), Syaiful Panigoro (Kepala Coorporate Affair PT. Medco Agro), Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Kepala Balitsereal bersama tim peneliti Sorgum. Kepala Puslitbangtan menyambut baik kunjungan Pimpinan PT. Medco Agro dan rencana kerjasama pengembangan sorgum dari varietas hasil penelitian Balitbangtan. Kepala Puslitbangtan juga berharap agar kerjasama tersebut dapat terwujud sesuai dengan peraturan yg berlaku dan dapat memberi keuntungan kedua belah pihak. Presdir PT. Medco Agro berterima kasih dan apresiasi atas penerimaan dari Ka. Puslitbangtan dan Ka. Balitsereal serta memohon bimbingan dan pendampingan sekiranya kerjasama tersebut terealisasi.

PT. Medco Agro memiliki lahan yang cukup luas yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sorgum, termasuk peluang bermitra dengan petani sekitarnya. Selain itu, mereka memiliki fasilitas produksi bioetanol dengan bahan baku ubi kayu, namun berhenti beroperasi karena kekurangan pasokan bahan baku.

Presentasi potensi pengembangan, budidaya dan penangan panen dan pascapanen sorgum disampaikan oleh Dr. Marcia Pabendon, peneliti sorgum Balitsereal. Setelah diskusi disepakati bahwa sebelum memutuskan varietas yang akan dikerjasamakan, PT. Medco akan melakukan demplot 5 varietas sorgum di beberapa titik daerah rencana lokasi pengembangan yaitu Numbu, Kawali, Super 1, Super 2 dan Suri 4 Agritan. Selain itu, mereka juga memohon sampel jagung hibrida dan disepakati 3 varietas jagung hibrida provitas tinggi untuk demplot yaitu Nasa 29, JH 37 dan JH 45.

Pada akhir diskusi, Ka. Balitsereal menyatakan kesiapan pihak Balitsereal untuk memberikan pendampingan teknologi pengembangan sorgum yang akan dilakukan oleh PT. Medco Agro. Teknis pelaksanaan terkait pendampingan tersebut akan didiskusikan lebih lanjut pada pertemuan berikutnya.

IMG-20190814-WA0015IMG-20190814-WA0014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here