Kamis, 29 September 2022, Kapuslitbangtan didampingi Koordinator Program dan Evaluasi melakukan kunjungan kerja sekaligus memimpin keluarga Besar Balitsereal dalam ucap syukur atas lahirnya BSIP.

Awal kunjungan beliau memonitoring pertanaman sorgum dilokasi visitor plot halam kantor Balitsereal yang menampilkan ragam varietas sorgum hasil inovasi Kementerian Pertanian.

Dalam arahannya didepan seluruh ASN dan honorer Balitsereal, Kapuslitbangtan menyampaikan, seiring berkurangnya SDM dikarenakan peralihan para peneliti ke BRIN, bisa menjadi Kesempatan untuk bisa membangun diri, menata kembali tugas dan fungsi, meningkatkan pengabdian kepada negara karena tupoksi Badan Standarisasi mencakup banyak hal diantaranya instrument biologi, fisik, tata Kelola maupun sistemnya.  Keterbatasan SDM jangan sampai menjadi alasan untuk tidak maju, tidak bangkit dan tidak berkontribusi dalam melaksanakan tugas dan fungsi baru.

Satu hal yang menjadi fokus utama saat ini adalah bagaimana menekan impor gandum yang meningkat dari tahun ke tahun.  Untuk itu salah komoditas serealia yang dibidik tidak hanya oleh pemerintah Indonesia tetapi juga dunia adalah tanaman sorgum, hal ini pun disambut baik dengan adanya inisiasi oleh Balitsereal untuk bisa mengembangkan perbenihan sorgum agar terdistribusi nantinya ke sentra yang membutuhkan. Instrumen perbenihan perlu tetap dipertahankan dan ditingkatkan karena Perbenihan merupakan icon utama balai komoditas, lanjut Kapuslitbangtan. Kapuslitbangtan menekankan sebagai Badan yang baru terbentuk Badan Standardisasi Instrumen Pertanian bahwa Instrumen perbenihan sebagai langkah lanjut kegiatan  Balai setelah transformasi manajemen di Badan Litbang Pertanian.

Akhir pertemuan, dilakukan syukuran atas terbentuknya Badan Standardisasi Intrumen Pertanian (BSIP) yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue oleh Kapuslitbangtan didampingi oleh Kepala Balitsereal yang disaksikan oleh seluruh ASN dan honorer Balitsereal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *