Kunjungan DPRD Buton Selatan

0
19

“Banyak Tamu Banyak Rejeki”, di awal bulan Mei, Balitsereal sebagai Pusat Unggulan IPTEK serealia kembali mendapatkan kunjungan dari DPRD, kali ini dari Buton Selatan guna konsultasi mengenai potensi pengembangan serealia di wilayah Buton.

Buton Selatan merupakan daerah yang sebagian besar masyarakatnya telah familiar dengan tanaman serealia khususnya jewawut, komoditas ini sangat berkembang di Buton pada tahun 1970 an karena sangat mudah dikembangkan namun saat ini telah mengalami kelangkaan karena sulitnya mendapatkan benih jewawut tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ir.Bahtiar, MS menyampaikan potensi serealia lain yang juga mudah dikembangkan diantaranya sorgum yang cocok ditanam meskipun di lahan tanah berbatu dan cocok untuk di ratun. Sorgum memiliki ragam manfaat dimulai dari batang, daun, hingga buah, dan beras sorgum sangat cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes. Hal ini juga telah dikonsumsi secara rutin oleh Kepala Balitsereal, Dr. Muhammad Azrai dalam menerapkan diversifikasi pangan pengganti nasi, dan telah merasakan manfaatnya, ungkap Bahtiar.

FB_IMG_1620371980643FB_IMG_1620371989108Akhir pertemuan, dilakukan penyerahan publikasi serealia yang diharapkan mendatangkan manfaat dan memberi nilai tambah terhadap produk serealia yang dibudidayakan di Buton Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here