Koordinasi Rencana Penelitian Tanaman Serealia 2019

0
79

Rencana Penelitian tingkat Peneliti (RPTP) yang dibuat setiap lima tahun sekali merupakan penjabaran dari rencana strategis (renstra) yang dibuat untuk tahapan lima tahun. RPTP akan memasuki tahun terakhir pada tahun 2019. Dalam upaya sinkronisasi rencana penelitian dan anggaran pembiayaan penelitian 2019, senin (22/1 2018) dilaksanakan rapat koordinasi rencana penelitian tanaman serealia tahun 2019. Rapat koordinasi dipimpin oleh Kepala Balitsereal dan dihadiri oleh pejabat structural lingkup Balitsereal, tim program serta peneliti. Dalam sambutan pembukaannya, Dr. Muhammad Azrai menyampaikan komitmen Kementerian Pertanian untuk percepatan pelaksanaan kegiatan khususnya terkait pencapaian target produksi pertanian menuju swasembada pangan, khususnya komoditas jagung.

RPTP tanaman serealia meliputi 1. Perakitan varietas unggul jagung untuk lahan optimal mendukung ketahanan pangan nasional, 2. Perakitan varietas jagung adaptif lahan sub optimal mendukung swasembada pangan berkelanjutan, 3. Eksplorasim koleksi, rejuvinasi, karakterisasi, dan evaluasi sumberdaya genetik tanaman serealia, 4. Karakteristik genotype jagung, sorgum, dan gandum berbasis marka molekuler, 5. Perakitan varietas gandum tropis dan sorgum lahan sub optimal mendukung pertanian bioindustri berkelanjutan,6. Perbaikan teknologi produksi dan penanganan hasil sorgum dan gandum mendukung diversifikasi pangan dan bioindustri, 7. Perbaikan teknologi produksi jagung, 8. Pengembangan system produksi dan distribusi benih dan serealia lainnya dengan penerapan manajemen mutu, 9. Diseminasi inovasi teknologi serealia, 10. Sekolah lapang kedaulatan pangan mendukung swasembada pangan terintegrasi desa mandiri benih.

Rapat koordinasi diakhiri dengan kesepakatan untuk merencanakan anggaran penelitian tahun 2019 dengan output mendukung pencapaian swasembada jagung nasional tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here