Sebagai lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) serealia, Balitsereal kembali mendapat kunjungan pada Kamis, 9 Agustus 2018. Kali ini kunjungan oleh Pusat Penelitian Biomaterial yang merupakan PUI lignoselulosa. Pusat Penelitian Biomaterial “PUI-LIGNOSELULOSA” merupakan salah satu lembaga litbang unggul di bawah naungan LIPI dengan riset utama bergerak pada pemanfaatan limbah tanaman (Kehutanan, Perkebunan dan Pangan) dengan keunggulan utama teknologi yang dapat mengolah limbah tanaman menjadi suatu produk yang dapat menghasilkan nilai tambah secara ekonomi. Sementara di satu sisi PUI-LIGNOSELULOSA terkendala dalam penyediaan bahan baku dengan kualitas yang baik dalam melaksanakan riset secara berkelanjutan.

Kunjungan sinergi ini bertujuan sebagai langkah awal untuk membangun kebersamaan riset dalam merangkai satu tujuan “end produk riset” dengan mengedepankan keunggulan dan kebutuhan masing-masing lembaga PUI. PUI-SEREALIA merupakan satu-satunya lembaga litbang yang dibawah naungan kementan dengan keunggulan produk utama menghasilkan teknologi serealia tingkat tinggi (teknologi varietas, Budidaya, pengenndalian OPT dan pasca panen) yang dapat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat banyak, khususnya petani.

Disisi lain, timbul permasalahan klasik, belum adanya pengelolaan limbah panen dari tanaman serealia, utamanya ditingkat petani. Secara ekonomi diharapkan terdapat peningkatan nilai tambah terhadap pengelolaan limbah tersebut agar dapat meningkatkan pendapatan petani.

Dengan kunjungan ini, diharapkan terbentuk sinergi riset antara Balitsereal “PUI-SEREALIA” dan Pusat Penelitian Biomaterial “PUI-LIGNOSELULOSA” sehingga dapat memperkuat riset secara nasional dalam mencapai “End Produk Riset” lebih maju, berkualitas dan limbah hasil pertanian dapat termanfaatkan secara ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *