Risiko kegagalan panen tanaman jagung dapat disebabkan oleh serangan organisme pengganggu tanaman (OPT). Penyakit hawar daun merupakan contoh OPT yang menyerang permukaan daun jagung dan menyebabkan kehilangan hasil mencapai 50-70%. Memperhatikan tren sebaran serangan penyakit hawar daun yang cukup tinggi terjadi pada 2019-2021, Balitsereal bekerjasama dengan perusahaan swasta melakukan pengujian adaptasi serta ketahanan OPT terhadap beberapa calon varietas milik perusahaan. Pengujian yang selanjutnya disebut uji multi lokasi (UML) dilakukan di beberapa lokasi di Indonesia baik dataran tinggi maupun dataran rendah. Salah satu lokasi yang dipilih untuk melakukan UML adalah Sumatera Utara.

Pada pertengahan April 2022 telah dilakukan penanaman di empat lokasi di Sumatera Utara. Dua lokasi penanaman terletak di dataran tinggi yaitu Tongkoh, Kabupaten Karo serta Tiga Runggu, Kabupaten Simalungun, sementara sisanya terletak di dataran rendah yaitu di Desa Purwobinangun dan Kecamatan Kuala yang berada di Kabupaten Langkat. Selanjutnya, pada 17 dan 18 Mei 2022 Penannggung Jawab Kegiatan, Prof. Dr. Muhammad Azrai, SP., MP., bersama peneliti serta teknisi melakukan pemantauan dan peninjauan (monitoring) ke lokasi pertanaman

Selain melakukan monitoring, tim dari Balitsereal juga melakukan inokulasi penyakit hawar pada tanaman spreader row di lokasi dataran tinggi yaitu Tiga Runggu, Kabupaten Simalungun. Inokulasi bertujuan untuk menginduksi cendawan Helminthosporium turcicum yang menyebabkan penyakit hawar daun pada tanaman jagung. Tim juga melakukan penanaman materi uji untuk pengujian penyakit hawar dan karat pada spreader row yang telah dilakukan inokulasi. Berdasarkan monitoring secara langsung, diketahui penanaman jagung UML di Sumatera Utara telah dilakukan sesuai prosedur, sehingga pertumbuhan tanaman cukup baik. Besar harapan pertanaman jagung di semua wilayah dapat tumbuh dengan baik sehingga pengujian dapat dilakukan sesuai prosedur dan saat pemanenan nanti dapat memperoleh data yang akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *