Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan Balai Penelitian Tanaman Serealia sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) tanaman serealia dalam acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 di Gedung Kemenristekdikti, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Desember 2017.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, menyerahkan langsung sertifikat PUI tanaman serealia kepada Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia, Dr. Muhammad Azrai. Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan, apresiasi ini bertujuan untuk meningkatkan dan menggalakan suatu inovasi dalam negeri. Pusat unggulan Iptek juga diminta untuk mencetak peneliti yang bisa menghasilkan publikasi internasional, menghasilkan prototype, dan bisa menghasilkan suatu inovasi.

pui172

Penetapan Balai Penelitian Tanaman Serealia sebagai PUI di Indonesia didasarkan oleh empat kriteria, yaitu banyaknya publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional, kemampuan membentuk jejaring, penggunaan produk riset, serta kemampuan membangkitkan ekonomi masyarakat. Nilai capaian indicator Balitsereal sebesar 915,76 dengan target minimal untuk penetapan sebagai pusat unggulan adalah 850.

Dengan penetapan Ballitsereal sebagai PUI tanaman serealia, diharapkan akan semakin meningkatkan peran Balitsereal sebagai penghasil teknologi tanaman jagung, sorgum dan gandum untuk semakin mempertajam focus riset serta menyebarluaskan kepada stakeholder terkait. Hal ini juga di dukung oleh kebijakan pemerintah yang memberikan priorita yang tinggi kepada benih jagung nasional sejak 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *