Guri 7 Agritan: VUB Gandum Baru Balitbangtan untuk Ketinggian Menengah

0
11

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sukses merakit varietas unggul gandum yang beradatasi baik pada dataran menengah, antara 500-7000 meter diatas permukaan laut. Varietas Unggul Baru (VUB) yang diberi nama Guri 7 Agritan dilepas pada akhir tahun 2017 oleh UPT Balai Penelitian Tanaman Serealia. Penggunaan istilah Guri mengandung makna Gandum untuk Rakyat Indonesia.

 

Varietas Guri 7 Agritan adalah galur G7 dari persilangan galur yang diintroduksi dari CIMMYT dan diadaptasikan pada wilayah dataran menengah di Tomohon, Malang, Salatiga dan Jeneponto Galur ini beradaptasi baik pada pengujian di empat provinsi di Indonesia. Selain dapat berproduksi optimal pada dataran menengah, varietas ini juga mempunyai potensi hasil yang cukup tinggi yaitu 3,11 t/ha. Walaupun potensi hasilnya tergolong sedang namun varietas ini mempunyai keunggulan yaitu umur yang relatife genjah yaitu 99 hari, sementara varietas gandum lain umumnya dipanen pada umur 105-127 hari.

 

Selain potensi hasil yang tinggi, Guri 3 Agritan juga mempunyai ketahanan terhadap dua penyakit utama yang sering menyerang tanaman gandum yaitu penyakit karat dan hawar daun. Varietas juga ini mampu beradaptasi pada cuaca panas tengah hari dengan suhu > 28oC. Pengembangan gandum ini  sebaiknya diarahkan pada wilayah ketinggian menengah yang belum di manfaatkan untuk budidaya komoditas pertanian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here