Gen Pengendali Vitamin E Pada Jagung Ditemukan

0
36

Hasil penelitian terbaru menunjukkan ditemukannya gen pengendali vitamin E pada biji jagung. Penemuan ini tentu saja sangat penting dalam upaya memperbaiki tingkat dan struktur nutrisi biji jagung yang nantinya sangat bermanfaat khususnya bagi industry pakan ternak yang bahan bakunya dipasok dari biji jagung.

Tim peneliti bioteknologi Cornell University mengidentifikasi adanya 14 gene sepanjang genom yang berasosiasi dengan sintesis vitamin E dalam biji jagung. Dari 14 gene tersebut, enam gen diantaranya baru ditemukan untuk penanda protein yang berkontribusi terhadap pembentukan zat antioksidan tocochromanols yang secara kolektif dikenal sebagai vitamin E. Sejalan dengan sifat antioksidan, tocochromanols diduga berasosiasi dengan kesehatan jantung manusia.

gr3Vitamin E adalah antioksidan yang terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidandalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here