Ekspor 60 Ribu Ton Jagung Sulawesi Selatan

0
234

Keberhasilan ekspor jagung Indonesia tidak berhenti sampai di Gorontalo saja, kali ini ekspor sebanyak 60 ribu ton ke Filipina kembali dilakukan dari Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu provinsi penghasil jagung terbesar di Indonesia. Hal ini merupakan realisasi amanah Nawacita untuk mewujudkan kedaulatan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Meskipun hujan lebat menyertai, Pelepasan ekspor jagung oleh Menteri Pertanian, Dr. Ir. A. Amran Sulaiman tetap berjalan lancar. Acara dilaksanakan di Pelabuhan Soekarno Hatta (09/02/2018), dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjend TNI Agus Surya Bhakti, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Umar Septono, Brigjen TNI Budi Sulistijono (Kasdam XIV/Hasanuddin), Kepala Balitsereal, Direktur utama Pelindo IV, Ketua Umum YLKI, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Direktur PT. Pertani.

“ekspor kali ini merupakan prestasi besar sehingga menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Pasalnya, dulu langganan impor jagung, kini berbalik menjadi ekspor. Hal ini berkat kerja keras petani yang didukung oleh semua pihak. Pada tahun 2015 Indonesia impor jagung 3,5 juta ton, tapi digenjot dengan program jagungisasi, impor 2016 turun 62 persen dan 2017 tak ada lagi impor jagung pakan ternak,” Ungkap Mentan Amran Sulaiman.

Harapan terbesar bagi Kementerian Pertanian, semoga prestasi ini dapat dipertahankan sehingga dapat mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here