Jum’at, 15 Oktober 2021 dilaksanakan Bimbingan Demplot Varietas dan Teknologi Budidaya Sorghum mendukung Program Pengembangan Komoditas Sorgum Pemerintah Kabupaten Tanah Karo di desa Jandi Meriah, Kecamatan Tiganderket. Kegiatan penanaman ini merupakan realisasi dari pengembangan komoditas sorgum di Tanah Karo.

Untuk penanaman demplot varietas sorgum, Balitsereal telah menyediakan 9 varietas sorgum yaitu varietas Numbu, Super 1, Super 2, Soper 6, Suri 3, Suri 4, Kawali, Soper 7, dan Soper 9 dengan total benih 45 kg.

Kegiatan penanaman demplot ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Karo (ibu Cory Sebayang), Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo(Bapak Metehsa Karo-Karo), Camat Tiganderket dan para penyuluh pertanian lapangan Tiganderket.

IMG-20211015-WA0035IMG-20211015-WA0027 Membuka kegiatan ini, Bupati Tanah Karo sangat mengapresiasi bantuan dari Balitsereal terkait teknologi dan benih sorgum. Sorgum merupakan tanaman yang belum banyak dibudidayakan di Tanah Karo dan dengan kegiatan ini diharapkan petani mampu memperluas budidaya tanaman ini.

Nilai jual yang tinggi serta kandungan nutrisi yang baik menjadikan sorgum menjadi komoditi yang memiliki peluang bisnis kedepannya. Diharapkan kegiatan bimbingan ini berlanjut dengan pelatihan pengolahan hasil produksi sorgum untuk menjadi ethanol, tepung, dan olahan lainnya.

Sebagai pemateri tentang sorgum sekaligus mewakili Kepala Balitsereal, Dr. Marcia B.Pabendon menjelaskan tentang pohon produksi sorgum serta budidaya tanaman sorgum. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan penyerahan benih secara simbolis dari Balitsereal kepada Bupati kabupaten Tanah Karo.

IMG-20211015-WA0030Setelah itu, dilanjutkan dengan penanaman sorgum pada demplot yang telah disiapkan. Diharapkan budidaya sorgum ini dapat berjalan dengan baik dan berlanjut.

IMG-20211015-WA0037

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *