NASA 29 merupakan salah satu varietas jagung hibrida nasional yang saat ini ramai diperbincangkan khususnya dikalangan petani dan penyuluh. Dengan banyak kelebihan yang dimiliki diantaranya tongkol ganda, pengisian biji penuh, kelobot menutup dengan sempurna serta beradaptasi luas pada dataran rendah sampai dataran tinggi, NASA menawarkan hasil yang lebih baik dibandingkan varietas jagung pada umumnya.

Salah satu kabupaten yang tertarik untuk mengembangkan NASA 29 adalah Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan. Pengenalan NASA 29 di Luwu Utara merupakan keharusan bagi UPT Balitsereal karena adanya ikatan moril antara Balitsereal dan Kab Luwu Utara. Sebagaimana di amanahkan dalam SK Menteri Pertanian, sejak tahun 2014 Balitsereal ditunjuk sebagai penanggungjawab UPSUS padi, jagung dan kedelai di Kabupaten Luwu Utara dan Kota Palopo.

Tanam perdana demplot NASA 29 di laksanakan pada hari Jumat 23 Maret 2018 bertempat di Desa Pomacang Lutra. Hadir dalam tanam perdana tersebut diantaranya Distan Kab Luwu Utara, Dandim 1403 Sawerigading, Balitsereal, dan kelompok tani. Melalui pengenalan VUB NASA diharapkan varietas ini akan mendapat tempat di hati petani untuk peningkatan produktivitas usahatani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *