Pernah mendengar varietas jagung Nasa-29 yang terkenal dengan tongkol dua yang kembar dan sama besar? Atau pernah melihat tanaman JH37 pada lahan kering dan kahat nitrogen? Namun, siapakah pemulia yang berhasil melahirkan kedua VUB tersebut? Beliau adalah Prof.(R) Dr. Muhammad Azrai, peneliti kebanggaan Balitsereal.

Pria kelahiran Bone tersebut baru-baru ini menerima penghargaan sebagai Ilmuwan yang berkontribusi di bidang perbenihan pada Lifetime Achievement MPPI Award 2022, Jumat (12/8). Perhelatan MPPI Award merupakan bagian dari rangkaian Musyawarah Nasional Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia yang diselenggarakan di Bima Room, Grand Bidakara Hotel, Jakarta Selatan.

Bukan tanpa alasan, prestasi Kepala Balitsereal periode 2017-2022 tersebut tak diragukan lagi. Sebagai breeder jagung, berbagai penelitian dan inovasinya telah melahirkan ragam varietas jagung nasional yang memiliki keunggulan sebagai respons terhadap permasalahan petani di lapangan.

Bagi Azrai penghargaan tersebut ia persembahkan kepada Badan Litbang Kementerian Pertanian sebagai bukti konkret, perjuangannya mewujudkan ketahanan pangan dengan mempersiapkan varietas unggul dan provitas yang optimal. Tentu prestasi beliau menjadi pemantik bagi para breeder dan peneliti lain untuk terus berinovasi menghasilkan varietas unggul demi mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *