Biofortifikasi tanaman serealia bisa menjadi salah satu solusi mengatasi masalah kekurangan zat gizi mikro, termasuk pro-vitamin A, zat besi, dan zinc, melalui proses rekayasa genetika. Biofortifikasi pada tanaman serealia diharapkan melengkapi upaya pemenuhan kebutuhan zat gizi mikro yang selama ini telah dilakukan melalui fortifikasi produk serealia untuk meningkatkan kandungan zat besi, zinc dan beta karoten pada tanaman serealia termasuk jewawut (millet). Biofortifikasi telah dilakukan pada tanaman jagung di Indonesia diantaranya jagung QPM (Srikandi kuning dan putih) serta jagung kaya provitamin A (Provit A 1 dan 2). Komoditas lain yang juga mempunyai peluang untuk biofortifikasi adalah jewawut.

Jewawut atau millet merupakan komoditas serealia yang banyak ditanam di Indonesia sebagai bahan pangan atau olahan produk sekunder seperti bubur, dodol, nasi jewawut, serta mie. Jewawut banyak ditemukan di wilayah timur Indonesia seperti di Pulau Buru Maluku, Flores NTT, Sulawesi Barat, Enrekang Sulawesi Selatan, Jambi dan beberapa provinsi lainnya. Kegiatan fortifikasi merupakan program untuk memasukan unsur nutrisi dalam makanan atau bahan pokok. Badan RIset Internasional untuk komoditas jewawut, ICRISAT telah melakukan fortifikasi pada tanaman jewawut melalui penambahan 20% unsur besi untuk memperbaiki kaandungan nutrisi jewawut. Penambahan kandungan besi jewawut diharapkan dapat memperbaiki status nutrisi dan kemampuan kognitif ibu dan anak khususnya pada wilayah benua Afrika.

Jewawut jenis baru yang dikembangkan oleh ICRISAT mempunyai umur panen yang genjah yaitu dua bulan dengan kandungan zat besi 65 mg/kg, lebih tinggi dibandingkan varietas lokal yang zat besinya di bawah 40 mg/kg.

Penyediaan komoditas pangan ini diharapkan juga dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat khususnya pencegahan penyakit anemia, serta dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi pangan fungsional dalam bentuk olahan basah dan kering atau subtitusi dengan terigu, beras dan komoditas pangan potensial lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *