Bimtek Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Jagung Hibrida Kementerian Pertanian

0
104

Bimtek Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Jagung Hibrida Kementerian Pertanian


Sebagai lanjutan dari kegiatan Tanam Perdana di dua kabupaten, Minahasa dan Tomohon, hari ini, Sabtu 24 April 2021 dilaksanakan Bimbingan Teknis “Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Jagung Hibrida kementerian Pertanian” yang bertempat di Manado Quality Hotel dengan tetap mematuhi protokol pencegahan covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Prov. Sulut Ir. Novly Wowiling, M.Si, Kepala BPSB Tanaman Pangan Prov. Sulut Ir. Dolf Palendeng, Kabid Pangan Dinas Pertanian Minahasa Meiske Polii, SP, Penyuluh Pertanian, PBT dan Petani Penangkar Tanaman Jagung.

BIMTEK ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian & Peternakan Provinsi Sulawesi Utara, kemudian ucapan selamat datang dan perkenalan Balitsereal Kepada seluruh peserta Bimtek oleh Ibu Rahmi Yuliani Arvan (Pranata Humas Balitbangtan) yang dilanjutkan oleh kepala BPTP Sulawesi Utara Dr. Steivie Karouw sebagai tuan Rumah dan pelaksana kegiatan di Lapangan.

IMG-20210427-WA0003IMG-20210424-WA0004

 

 

 

Peserta Bimtek sebanyak 68 orang yang terdiri dari Petani penangkar, PBT, penyuluh, peneliti dan ketua kelompok tani yang terlibat pada kegiatan hilirisasi tersebut.

Materi Bimtek disampaikan oleh Kepala Balitsereal Bpk Dr. M. Azrai yang juga merupakan pemulia tanaman serealia yang membahas mengenai Teknologi Produksi Jagung Hibrida, Kepala BPSB mengenai Sistem Sertifikasi Benih Premium dan Pengawasan Pengedaran Varietas Jagung Hibrida, Dr. Roy Effendi mengenai Optimasi Penerapan Jagung Hibrida dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna, Septian Harry Kalqutni, SP., M.Si, mengenai Teknologi Pengendalian OPT Jagung Hibrida, Ir. Bahtiar, MS mengenai Membangun Kelembagaan dan Inkubasi Benih Jagung Hibrida.

IMG-20210424-WA0025IMG-20210424-WA0024Dalam sambutannya Kadis Pertanian dan Peternakan menyampaikan bahwa dengan adanya Bimtek ini adalah kesempatan baik untuk belajar dan menggali ilmu serta pengalaman dari para pakar yang akan menyampaikan materinya nanti.

Beliau sangat mensupport dan mengharapkan kegiatan dapat berjalan sesuai harapan dan menjadikan Sulut sebagai contoh daerah yang berhasil mengembangkan jagung hibrida Balitbangtan Kementan.”Tanam Jagung, menjual Daging” merupakan satu kata kunci yang beliau sampaikan sebagai stimulus bagi para petani khususnya untuk bersungguh-sungguh dalam memelihara jagungnya sehingga akan memberikan hasil sesuai harapan/bisa memberikan tambahan dan peningkatan kesejahteraan petani

IMG-20210424-WA0014IMG-20210424-WA0009

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here