Pemuliaan tanaman merupakan ilmu dan seni dalam meningkatkan pewarisan tanaman untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam menghasilkan varietas seorang Pemulia harus memperhatikan kebutuhan dan keinginan pengguna yang semakin beragam sesuai dengan perubahan zaman. Pemuliaan tanaman terkait ilmu botani, genetika, statistika, Hama dan penyakit, serta agronomi. Hal ini disampaikan oleh peneliti bidang pemuliaan Sigit Budi Santoso, MSc, dihadapan 100 orang mahasiswa peserta kunjungan praktek lapang dari universitas Andi Djemma Palopo.

Kunjungan praktek lapang ini dilakukan pada hari Jum’at, 15 Februari 2019 yang dirangkaikan dengan kuliah umum terkait mata kuliah Bioteknologi.

Lebih lanjut Sigit memaparkan morfologi tanaman jagung yang tercekam kekeringan serta mekanisme pertahanan jagung terhadap cekaman.

Akhir pertemuan dilakukan kunjungan lapang di lokasi visitor plot Balitsereal yang menampilkan berbagai macam varietas Tanaman serealia dan teknologi hasil Inovasi Badan Litbang Pertanian. Turiman (tumpang sari) merupakan salah satu teknologi yang ditampilkan. Tumpang sari antara Jagung, kedelai dan padi ini menampilkan varietas JH 27, Dena 1, dan Inpago.

Melalui kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa dalam hal teknologi dan Inovasi tanaman serealia serta menambah ilmu mengenai pemuliaan dan bioteknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *