Balitsereal Wujudkan Komitmen Bersama Laksanakan Penandatanganan Keterbukaan Informasi Publik

0
12

Balai Penelitian Tanaman Seralia (Balitsereal) sebagai institusi pemerintah yang dibawahi Kementerian Pertanian memberikan pelayanan informasi publik dengan berpedoman UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di lingkungan Kementerian Pertanian, memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik. PPID Pusat Kementerian Pertanian terus mendorong para UK/UPT di lingkup Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kinerja Keterbukaan Informasi Publik melalui unit PPID di lingkup kerja masing-masing.

Saat ini dilakukan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik untuk seluruh PPID UK/UPT di lingkup Kementan. Sebelum pelaksanaan, kegiatan diawali dengan Sosialisasi Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik yang telah berlangsung secara virtual pada, Jumat, 5 Juni 2020 dengan menghadirkan narasumber Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Hendra J Kede, dan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Dr. Kuntoro Boga Andri. Dilanjutkan dengan Sosialisasi Persiapan pengisian SAQ PPID Lingkup Balitbangtan pada 12 Juni 2020.

Komitmen Balitsereal dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat dilakukan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Balitsereal oleh Kepala Balitsereal selaku penanggung Jawab PPID Balitsereal, diikuti oleh penandatanganan Tim PPID yang disaksikan oleh seluruh ASN Balitsereal..

Dalam arahannya, Kepala Balitsereal Dr. Muhammad Azrai menyampaikan tiga komponen utama pelayanan publik yang harus diterapkan. Attitude, Attention dan Action.

Attitude, budaya ramah dalam melayani masyarakat dengan senang hati dan ikhlas; Attention, menunjukkan perhatian terhadap pelanggan, sebagai lembaga pemerintah yang menhasilkan inovasi dan teknologi, Balitsereal harus dapat memenuhi preferensi masyarakat yang beragam, Balitsereal harus membuka diri dan mendengarkan apa yang diinginkan oleh masyarakat/pelanggan; Action, Melaksanakan aksi perbaikan terhadap yang diinginkan masyarakat, efektif dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here