Memberikan layanan informasi dan kehumasan kepada publik merupakan tugas setiap instansi pemerintahan, tak terkecuali Balitsereal. Maka, demi menunjang kegiatan pelayanan informasi yang terbuka, terpercaya, mudah dan dapat diakses semua kalangan, Balitsereal mengikuti Bimbingan Teknis Peningkaan Kapasitas Penulis Berita Online (Website) dengan topik Teknik Wawancara pada Selasa, 14 Juni. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid tersebut diprakarsai oleh Sub Bagian Data dan Informasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Bimtek diselenggarakan guna meningkatkan keterampilan pengelola website lingkup Balitbangtan dalam melakukan kegiatan jurnalistik khususnya teknik wawancara. Sebagaimana yang tertuang pada pasal 3 ayat (1) UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, fungsi jurnalistik mencakup lima hal antara lain fungsi informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial, dan perekat sosial. Sehingga agar dapat memproduksi berita yang memuat setidaknya lima fungsi tersebut, diperlukan pewawancara atau jurnalis yang handal. Balitsereal mengirimkan perwakilan kelompok jasa penelitian untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Menurut pimpinan Redaksi Majalah Gatra, sebagai narasumber bimtek, “wawancara itu seperti belanja di pasar, maka sebagai wartawan carilah bahan yang bagus agar dapat diracik menjadi hidangan berita yang enak dan lezat”. Mukhlison S. Widodo mengungkapkan bahwa setiap pewawancara juga harus melakukan riset guna mengumpulkan ragam informasi dari berbagai sumber, sebelum melakukan wawancara. Karena dengan demikian, pewawancara akan mampu melakukan wawancara yang ‘basah’, sehingga menghasilkan berita yang bernas.

Bimtek berjalan dengan kondusif, baik peserta yang bergabung secara luring maupun daring, aktif memberikan pertanyaan. Sehingga peserta tidak hanya mendapatkan paparan teori ataupun pengalaman narasumber saja, namun permasalahan yang telah dialami peserta dapat menjadi pembelajaran bagi peserta lainnya. “Jurnalis itu presisi, bertutur untuk menginspirasi” ungkapan Mukhlison tersebut menyulut pengelola website lingkup Balitbangtan untuk menyediakan beragam informasi yang menarik dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *