Balitsereal  Bergerak RoadShow Bimtek Padat Karya

0
18

Program Padat Karya menjadi salah satu program prioritas Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo dengan tujuan agar dapat menumbuhkan produktivitas sektor pertanian, kesejahteraan petani, serta pertumbuhan ekonomi pedesaan.

Balitsereal tanggap dengan program tersebut, maka dimulai Tanggal 1 sampai 6 Maret 2021, Balitsereal bergerak dengan melakukan RoadShow ke Kabupaten-Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan dimulai dengan Kabupaten Bone, selanjutnya ke Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bantaeng dan terakhir di Kabupaten Takalar.

RoadShow Bimtek dengan Tema “ Padat Karya Percepatan Diseminasi Inovasi Serealia” dipimpin langsung oleh Kepala Balitsereal Bapak Dr. Muhammad Azrai. Materi Bimtek juga disampaikan langsung oleh Ka.Balitsereal beserta Tim seperti untuk penanganan Hama dan Penyakit Tanaman Jagung disampaikan oleh Bapak Hishar Mirsam, SP, MP, Bapak Ir. Bahtiar, MS membawakan materi Teknologi Produksi Benih Jagung Hibrida dan tidak lupa peran Pranata Humas Balitsereal dalam menyampaikan informasi layanan kegiatan Teknologi, layanan kerjasama khususnya dalam pengembangan benih jagung hibrida Balitbangtan yang disampaikan oleh Ibu Rahmi Yuliani Arvan, SP, M.Si.

IMG-20210314-WA0012

IMG-20210314-WA0010IMG-20210314-WA0013Road Show Hari pertama dan kedua di kabupaten Bone dengan beberapa titik lokasi Bimtek diantaranya di kecamatan Awangpone, kecamatan Lappariaja, dan kecamatan Mare, dengan jumlah keseluruhan petani yang mengikuti 130 orang.

Bapak Ka.Balitsereal menyampaikan “Inovasi Teknologi Jagung Hibrida Hasil Badan Litbang Pertanian” kegiatan terlaksana dengan lancar berkat koordinasi dan kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bone dan PT. Benindo sebagai mitra lisensi Jagung Hibrida Balitbangtan.

Road Show Hari Ketiga di Kabupaten Sinjai dengan mengambil lokasi di Kecamatan Bulupoddo dengan pendampingan dan pengawalan Dinas Pertanian setempat, sebelum acara Bimtek dimulai didahului acara panen bersama Jagung Hibrida Varietas JH 37 dimana didaserah tersebut sebagian besar petani menanam varietas JH 37 sebagai bantuan langsung dari Balitsereal berdasarkan surat permintaan Dinas Pertanian Kabupaten Sinjai. Petani yang hadir pada acara Bimtek berjumlah 82 orang. Dari hasil Bimtek Petani yang diwakili PPL setempat meminta untuk adanya pembinaan penangkaran jagung hibrida Balitbangtan di daerah mereka yang disambut baik oleh KA.Balitsereal.

Pada kesempatan tersebut bertepatan kegiatan Musrembang Tingkat Kecamatan Ka.Balitsereal menyerahkan bantuan benih Varietas JH 29 yang diterima langsung oleh Ibu Wakil Bupati Kab. Sinjai dan langsung diserahkan ke perwakilan dua kelompok tani yang ada di Kecamatan Bulupoddo.

Selanjutnya Tim Bimtek bergerak ke Kabupaten Bulukumba disambut oleh Kepala Dinas Pertanian beserta Staf, antusias petani yang berjumlah 71 orang dalam ruang tanya jawab penuh semangat dengan diskusi berjalan santai dan serius karena petani semakin tertarik dan yakin akan keunggulan varietas badan litbang pertanian yang sebelumnya sudah mereka tanam dan panen hasilnya seperti varietas JH 29, Nasa 29 dan JH 27, HJ 21, JH 37 dan JH 45.

RoadShow Hari Keempat, Tim Bimtek bergerak ke Kabupaten Bantaeng yang bertempat di Kecamatan Gantarangkeke tepatnya di Desa Kaloling dengan menghadirkan Gapoktan Bunga Harapan Jaya dengan jumlah petani yang hadir sebanyak 98 orang.

Materi Teknologi dan Pengendalian Hama dan Penyakit Jagung mendapat respon yang antusias oleh petani dengan trik dan cara penanganan yang disampaikan oleh Peneliti Muda Balitsereal, Bapak Hishar.

IMG-20210314-WA0015

IMG-20210314-WA0011

IMG-20210314-WA0009Roadshow Hari Kelima, selanjutnya di Kabupaten Takalar yang mendapat sambutan luar biasa dari petani terbukti dengan jumlah petani yang hadir sebanyak 142 orang, Materi Teknologi Produksi Jagung Hibrida disampaikan oleh Peneliti Senior Balitsereal, Bapak Bahtiar.Tanya jawab dan diskusi berlanjut setelah pelaksanaan Shalat Jum’at yang juga menghadirkan mitra lisensi Jagung Hibrida Balitbangtan.

IMG-20210314-WA0014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here