Balitsereal Bergerak dalam Mewujudkan BPP Model Kostratani di Kab. Sinjai

0
51

Kostratani (Komando Strategis Pertanian tingkat Kecamatan) dibuat untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP, khususnya dalam menggerakkan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan. Oleh karena itu, diperlukan dukungan, dan kerja keras, serta kolaborasi semua lini.

WhatsApp Image 2020-08-04 at 11.48.33Dalam rangka mendukung optimalisasi peran dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten Sinjai sebagai Kostratani, Balitsereal melaksanakan Training of Trainer (TOT) pendampingan BPP model kostratani bagi koordinator BPP seluruh Kabupaten Sinjai yang dilaksanakan pada Selasa 4 Agustus 2020.

WhatsApp Image 2020-08-04 at 16.55.02
Pada sambutan pembukaannya Kepala Balitsereal menyampaikan mengenai
Syarat calon model BPP Kostratani adalah: 1) terdapat pada lokasi yang dekat kantor/lokasi pendampingan/kegiatan lain di UK/UPT BBPSDMP, Balitbangtan, dan Barantan; 2) terdapat fasilitas listrik dan teknologi informasi; 3) terdapat keinginan/semangat penyuluh; dan 4) ada dukungan Distan Kab./Kota dan Provinsi.

Selanjutnya, indikator model BPP Kostratani adalah: 1) tersedia data dan informasi pertanian; 2) terlaksananya program utama Kementan (Propaktani, Gedor Horti, Grasida, Sikomandan, Gratieks, PMS, KUR, Inovasi, Petani Milenial, dll); 3) terkoneksi dengan AOR; 4) terdapat fasilitas belajar (demplot/SL); 5) terdapat informasi/cara akses modal, pasar, dll; dan 6) terdapat mitra.

Hal ini sesuai dengan keinginan Bupati Sinjai yang nantinya akan melakukan kerjasama dengan japfa comfeed dan Kepala Balitsereal pun menginginkan adanya dukungan dari Dinas Pertanian Provinsi untuk menghubungkan kegiatan perbenihan Dinas dengan BPP Sinjai.

20200804_120435

Materi yang disajikan pada pertemuan ini meliputi teknologi produksi benih hingga teknologi prosesing benih. Diharapkan nantinya akan dilakukan demplot dari varietas yang dihasilkan Balitbangtan di BPP Model sebagai percontohan bagi BPP lainnya.

WhatsApp Image 2020-08-04 at 16.55.02(2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here