Balitsereal Bekerjasama dengan PT MSM dan PT TTN Kembangkan Jagung di Sulut

0
69

PT.Meares Soputan Mining (PT. MSM) dan PT Tambang Tondano Nusanjaya (PT. TTN) bersama Balitsereal dan BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara melakukan kegiatan penanaman Jagung Varietas Nakula Sadewa (Nasa-29) yang dilaksanakan di desa Winuri kecamatan Likupang Timur kabupaten Minahasa Utara (07/02).

Kepala Baitsereal Dr Muhammad Azrai bersama dengan kepala BPTP Sulut Dr.Ir.Yusuf, MP. menyambut baik inisiasi dari pihak perusahaan dalam membangun komitmen setelah pertemuan di BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara. Dimana pihak perusahaan PT. Meares Soputan Mining (MSM) dan PT. Tambang Tondano Nusajaya (TTN) mengandeng pihak sumber teknologi untuk memberdayakan petani sekitar tambang.

Jagung NASA-29 memiliki beberapa keunggulan yaitu hasil panen yang tinggi mencapai 11,9-13,7 ton/Ha, dengan rendemen biji cukup tinggi, mudah dipipil dengan mesin pipil jagung, tongkol tidak mudah busuk, serta tahan terhadap penyakit bulai. Selain itu, varietas ini juga mampu beradaptasi pada datarah rendah sampai menengah.

Dr Azrai menyatakan bahwa pihak Balitsereal siap mendukung ketersediaan benih dan teknologi untuk pengembangan jagung di Sulut. ¬†Bersama BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara kita akan suport kegiatan ini dengan ketersediaan teknologi inovasi dan pendampingan.” Ungkapnya.

Sarto Kariman yang mewakili Pimpinan PT. Meares Soputan Mining (MSM) dan PT. Tambang Tondano Nusajaya (TTN), menyambut baik atas terealisasinya kegiatan penanaman Jagung Nasa 29, yang dilaksanakan di pada sekitar 20 kelompok tani yang ada di Minahasa Utara.

Sementara pihak Dinas Pertanian Minahasa Utara mengapresiasi kegiatan produksi benih ini, karena dengan kegiatan ini, menurut Ir. Wangke Karundeng.Msi Kepala Dinas Pertanian Minahasa Utara, dapat menjadi sarana pembelajaran bagi petani sekitar, terkait produksi benih Jagung Hibrida. “Kami akan mendukung kegiatan ini dengan siap membantu petani dengan kestersediaan sarana produksi pupuk dan alat mesin pertanian.” Tegasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here