Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia Dr. Amin Nur, SP., M.Si mendapat undangan sebagai fasilitator pada Program Pendidikan Profil Bisnis: Brillian Specialist Development Program (BSDP). Program yang terselenggara atas kerja sama Pusat Pendidikan BRI Wilayah Sulawesi Selatan dengan Primakelola IPB tersebut diselenggarakan pada tanggal 11 – 15 Juni 2022. Adapun narasumber lainnya pada kegiatan tersebut adalah BPTP Gorontalo dan BPP sekitar sebagai pendamping lapangan.

Jumlah peserta pada kegiatan tersebut mencapai 32 peserta. Peserta merupakan Mantri BRI dari berbagai wilayah di Gorontalo. Peserta mendapatkan berbagai macam materi antara lain komoditas unggulan Gorontalo, komponen teknologi jagung dan visitasi lokasi budidaya tanaman jagung. Metode kelas diselenggarakan dengan diskusi, kunjungan lapang dan praktik kegiatan.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut diharapkan Mantri BRI mampu mengawal proses penyaluran dan penyerapan permodalan usaha tani bagi pelaku utama dan pelaku usaha dengan baik. Demi mewujudkan tujuan tersebut pada tiap sesi materi peserta melakukan diskusi berkelompok guna membangun kebiasaan komunikasi yang efektif dan efisien serta bekerja secara kolaboratif.

Pada akhir kegiatan fasilitator meminta peserta melakukan presentasi tentang temuan mereka di lapangan. Perihal yang harus dipresentasikan meliputi proses bisnis, analisis rantai nilai pada bisnis klaster, prospek pembiayaan usaha tani, pemahaman analisis risiko, analisis SWOT dan POAC serta pengembangan bisnis menggunakan strategic foresight.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *