Sistem manajemen mutu sangat berperan dalam menentukan arah pengelolaan suatu organisasi. Penerpaan system audit berbasis ISO 9001:2008 telah dilaksankaan sejak tahun 2010, smeentara pada tahun 2015 Balitsereal telah melakukan proses transisi menuju penerapan ISO 9001:2015 melalui penambahan ruang lingkup yaitu Kebun Percobaan (KP) Maros dan Bajeng.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Balitsereal bekerjasama dengan PT. Mutuagung Lestari menyelenggarakan audit eksternal dengan menghadirkan tim dari PT. Mutuagung Lestari untuk mengaudit konsistensi pelaksanaan ISO oleh Balitsereal. Audit eksternal dilaksanakan pada tanggal 13-15 Nopember 2017. Audit dibuka di ruang rapat pimpinan dengan menghadirkan Ka. Balitsereal, Dr. Muhammad Azrai, Ibu Isyana dari perwakilan PT. Mutuagung Lestari, serta pejabat struktural, ketua kelti dan kepala kebun percobaan. Dalam sambutannya Ka. Balitsereal menekankan pentingnya pengendalian internal untuk menunjang produk/kinerja/dan pelayanan balai dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada stakeholder terkait.

Audit dilakukan dengan menggunakan metode sampling dalam bentuk wawancara dan observasi pada ruang lingkup Tata Usaha, Seksi Pelayanan Teknis, Seksi Jasa Penelitian, Kelompok Peneliti dan Kebun Percobaan (KP. Maros). Dalam pemaparan hasil audit, Isyana menyampaikan apresiasi yang cukup baik walaupun masih terdapat ketidaksesuaian dalam bentuk minor dan observasi khususnya pada klausal perencanaan, dukungan/sumberdaya. Operasional, dan evaluasi yang harus diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *