Apresiasi Bupati Sinjai dan Bulukumba atas Hilirisasi Inovasi Badan Litbang Pertanian di Daerahnya.

0
43

Diseminasi Produk Badan Litbang Pertanian terus dilakukan. Selain inovasi varietas jagung hasil penelitian Badan Litbang Pertanian serta melaporkan kegiatan pendampingan Program
Strategis & Utama Kementan di Kabupaten Sinjai, Kali ini Kepala Balitsereal bersama Kasie. Jaslit dan Peneliti Senior Dr. Andi Takdir & Ir. Syahrir Pakki, MS menyerahkan paket Eucalyptus kepada Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, S.H, LLM yang didampingi oleh Kepala Dinas dan Sekertaris Dinas Pertanian serta Kepala Dinas Polisi Pamong Praja & Damkar Kabupaten Sinjai.

IMG-20200723-WA0045IMG-20200723-WA0047Eucalyuptus merupakan salah satu inovasi hasil Badan Litbang Pertanian dalam menghambat penyebaran maupun menyembuhkan penderita covid-19. Eucalyptus merupakan herbal berbahan baku pohon kayu putih yang diekstrak dengan menggunakan teknologi nano. Terdapat testimoni beberapa orang yang telah sembuh dengan menggunakan minyak eucalyptus. Penyerahan paket eucalyptus terdiri dari 3 jenis produk yaitu kalung antivirus, roll on Eucalyptus oil dan Inhaller/Minyak Atsiri Eucalyptus. Bupati Sinjai sangat terkesan dengan herbal antivirus eucalyptus hasil inovasi Balitbangtan karena langsung merasakan khasiatnya, pernafasan dihidung jadi terasa sangat longgar. Beliau berharap semoga dapat segera diproduksi massal agar bisa digunakan masyarakat dalam menekan wabah virus corona.

Pada pertemuan ini, Kepala Balitsereal melaporkan penugasan dari Pak Menteri Pertanian sebagai pendamping program utama dan strategis Kementan yang dialokasikan untuk Kabupaten Sinjai. Program tersebut antara lain pengembangan logistik benih, peningkatan produk serta produktivitas dan optimasi lahan, peningkatan nilai tambah daya saing dan pangsa pasar. Berbagai varietas jagung telah didiseminasikan di Kabupaten Sinjai termasuk pulut srikandi ungu dan benih jagung hibrida sebanyak 7 ton yang mengcover luas areal tanam Kabupaten Sinjai lebih 700 ha serta beberapa produk olahan dari tanaman serealia.

Bupati Sinjai sangat menyambut baik kegiatan yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian karena sejalan dengan visi & misi Pemkab Sinjai. Selain itu, Bupati juga mengapresiasi hasil-hasil inovasi Balitbangtan yang dihasilkan Balitsereal karena akan sangat membantu rencana Pemda Sinjai untuk bekerjasama dengan PT. JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk. untuk membangun Silo dan Pabrik Pakan di Sinjai. Tentu akan memerlukan banyak bahan baku berbasis jagung sehingga dukungan Balitsereal ke depan sangat diperlukan oleh Pemda Sinjai. Kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Pendampingan Program Utama & Strategis Kementerian Pertanian yang juga dihadiri oleh Kadis Pertanian bersama pejabat struktural, fungsional dan koordinator BPP se Kabupaten Sinjai. Pada sambutan selamat datang, Kadis Pertanian menjelaskan potensi pertanian tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan Kabupaten Sinjai sehingga optimis mampu mencapai target program utama dan strategis Kementerian Pertanian TA 2020. Namun demikian, kendala yang dialami oleh petani adalah ketersediaan pupuk karena kuota yang tidak mencukupi. Untuk itu Kadistan telah bersurat ke Kemtan melalui Distan Pertanian Provinsi Sulsel agar dapat diberikan tambahan kuota pupuk.

IMG-20200723-WA0046Sementara Kepala Balitsereal menyampaikan beberapa hal penting, mengajak petani menyisihkan sebagian hasil panennya untuk menebus pupuk tepat waktu sehingga jatahnya tidak diambil oleh pihak lain; memberikan apresiasi atas upaya keras Kadis pertanian bersama staf yang optimis mencapai target luas tambah tanam; optimumkan pemanfaatan curah hujan yang cukup panjang dengan percepatan tanam pada lahan yang selesai panen dan teknologi pengendalian hama FAW yang banyak membuat kegagalan panen petani Sinjai akhir tahun 2019 – awal 2020, agar tidak berulang, secepatnya perlu dikoordinasikan dengan Balitsereal untuk pengendalian hama ulat tersebut.
Keesokan harinya, Rapat Koordinasi & Konsolidasi Pendampingan Program dan Kegiatan Utama Kementerian dilanjutkan di Kabupaten Bulukumba yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Bulukumba beserta Kepala Bidang dan Kepala Seksi dan Koordinator PPL Kecamatan se Kabupaten Bulukumba.

IMG-20200723-WA0050Pada kesempatan ini, Kepala Balitsereal selaku ketua tim pendamping di Kabupaten Bulukumba menyampaikan program dan kegiatan utama kementerian pertanian yaitu (1) Pengembangan SDM pertanian melalui penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan, (2) Pengembangan dan perbanyakan/produksi benih dan bibit hasil litbang, (3) Optimasi pemanfaatan lahan (pasang surut, lahan kering, dan sawah tadah hujan), (4) Penyediaan air melalui rehab jaringan irigasi, pembangunan embung & bangunan air, (5) Pengembangan & penerapan mekanisasi pertanian (pra & pasca panen) sesuai kondisi lapangan, (6) Pengembangan Toko Tani Indonesia (TTI) serta diversifikasi pangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) & Obor Pangan Lestari (OPAL), (7) Pengembangan komoditi strategis: padi, jagung, kedelai, gula tebu, daging sapi/kerbau, unggas, cabai, bawang merah, bawang putih, buah lokal, karet, kopi, kakao, kelapa & rempah (pala, lada, cengkeh), (8) Pengembangan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor di Kawasan Pertanian berbasis Korporasi. Kepala Balitsereal menyampaikan apresiasi kepada Kadistan bersama jajarannya atas capaian LTT yang sudah melampaui target, meskipun masih diberikan tambahan lagi, namun Bulukumba akan memenuhi target baru tersebut.

Pada sesi diskusi terungkap bahwa permasalahan tanaman padi di daerah salin dan penyakit blast di daerah ketinggian. Balitsereal menyanggupi untuk mendatangkan benih padi toleran salin dan tahan penyakit blast serta beras hitam masing-masing 5 kg kelas BS untuk ditangkarkan oleh kelompok sehingga dapat memenuhi kebutuhan petani pada lingkungan bermasalah tersebut. Selain itu, juga permohonan benih jagung ketan, akan diberikan sesuai dengan ketersediaan benih.

IMG-20200723-WA0038IMG-20200723-WA0036Kegiatan dilanjutkan di Rumah Jabatan Bupati Bulukumba untuk melaporkan kegiatan pendampingan Program Strategis & Utama Kemtan serta mendiseminasikan Produk Eucalyptus Anti Corona dan Inovasi Teknologi Hasil Penelitian Badan Litbang Pertanian kepada Bupati Bulukumba. Bupati Bulukumba menyambut baik dan bersyukur serta berterima kasih atas penugasan Kepala Balitsereal bersama Tim sebagai pendamping kegiatan dan program utama kemtan di Bulukumba seraya berharap agar hasil-hasil inovasi komoditas serealia dan komoditas lainnya hasil penelitian Balitbangtan dapat digunakan oleh petani Bulukumba untuk meningkatkan kesejahteraannya. Saat menerima penjelasan dan produk Eucalyptus hasil Inovasi Balitbangtan Kemtan, Bupati sangat antusias karena sudah cukup lama mendengar dan ingin memakai segera, seraya bersyukur karena keinginannya tersebut dapat terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here