Pasca peluncuran Core Values ASN BerAkhlak oleh Presiden pada 27 Juli 2022, segenap ASN berlomba-lomba mengimplementasikan nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Setiap individu hingga instansi pemerintah mengafirmasikan core values BerAkhlak dalam berbagai bentuk kegiatan maupun layanan. Tak mau ketinggalan Balitsereal pun meluncurkan Aplikasi SILAYAK sebagai upaya implementasi BerAkhlak pada tingkat instansi.

SILAYAK atau Sistem Informasi Layanan Administrasi yang Akuntabel dan Kolaboratif merupakan sistem informasi berbasis website yang dikembangan oleh Balitsereal untuk memudahkan pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Melalui SILAYAK pegawai dapat melaporkan hasil kerja secara up to date sebelum pulang kantor. Cukup mudah, pegawai hanya perlu menggunakan handphone untuk mengambil foto lalu menuliskan uraian hasil kegiatan berdasarkan foto tersebut. Lalu laporan kerja harian sudah terekam. Selanjutnya pada akhir bulan pegawai dapat mengunduh laporan tersebut sebagai output kinerja bulanan sesuai format yang telah ditetapkan.

Selain memudahkan penyusunan laporan kinerja, sistem informasi paperless tersebut memuat disposisi surat, surat perintah perjalanan dinas, surat perintah tugas serta dokumen administrasi internal lainnya. Aplikasi ini bersifat work in progress, artinya masih dapat dengan mudah dikembangkan sesuai kebutuhan user. Sehingga tidak menutup kemungkinan sistem informasi ini dapat menyajikan dokumen kebutuhan publik, membalas permohonan dan keluhan publik serta terintegrasi dengan aplikasi lainnya seperti SINERGI yang telah dikembangkan sebelumnya Oleh Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementererian Pertanian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *