Kunjungan Kerja (Kunker) para Bapak/Ibu Anggota Dewan Buton Tengah ke Balai Penelitian Tanaman Serealia dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Oktober 2020.

Didampingi beberapa peneliti Balitsereal, pada kesempatan tersebut ketua komisi 2 DPRD Kab. Buton Tengah menyampaikan dan memaparkan kondisi Kab. Buton Tengah dimana salah satu wilayah mereka makanan pokok masyarakatnya adalah Jagung. Selanjutnya disampaikan bahwa sistem penanaman jagung di Kab. Buton Tengah masih menggunakan cara tradisional dan berpindah-pindah tempat. Berdasarkan kondisi tersebut, sebagai langkah awal, mereka melakukan kunjungan kerja di Balai Penelitian Tanaman Serealia untuk mendapatkan informasi dan berdiskusi tentang teknologi dan inovasi mengenai jagung.

Menanggapi hal tersebut, Bapak Dr. A. Takdir Makkulawu, sebelumnya memaparkan visi, misi dan tupoksi dari Balai Penelitian Tanaman Serealia, sebagai salah satu unit kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang diberi mandat untuk mengembangkan tanaman jagung dan serealia lainnya. Berkaitan hal tersebut dimana saat ini Balitsereal masih fokus pada tiga komoditi yaitu jagung, sorgum dan gandum. Penelitian pada komoditas jagung telah menghasilkan VUB diantaranya, jagung komposit, jagung hibrida (NASA 29, JH 37, HJ 21) dan teknik pengendalian penyakit pada tanaman jagung. Dari beberapa Varietas Unggul Baru tersebut dapat dikembangkan dan dijadikan salah satu alternatif untuk mendukung pangan dan pakan.

Sebelum mengakhiri kunjungan kerjanya, ketua komisi 2 DPRD Kab. Buton Tengah, menyampaikan akan kembali mengagendakan kunjungan kerja ke Balai Penelitian Tanaman Serealia dan akan menindaklanjuti hasil dari kunjungan saat ini.

Kunjungan berikutnya akan melibatkan instansi terkait, Dinas Pertanian dan Pemerintah Setempat, yang diharapkan bisa melakukan kerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia. Tentunya hal tersebut sangat direspon baik yang ditandai dengan pemberian cendera mata berupa benih NASA 29 sebanyak 10 kg dan beberapa publikasi Balai Penelitian Tanaman Serealia.

IMG-20201007-WA0025IMG-20201007-WA0023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *